Bupati Kaimana, Papua Barat Freddy Thie mengajak seluruh anggota DPRD Kaimana yang baru, periode 2024-2029 untuk berkolaborasi dalam membangun daerah agar dapat semakin maju.

"Mewakili pemerintah daerah dan seluruh masyarakat saya mengucapkan selamat kepada seluruh anggota DPRD yang baru dilantik. Mari kita berkolaborasi membangun Kabupaten Kaimana," ucap Freddy saat memberi sambutan pada pelantikan 25 anggota DPRD Kaimana periode 2024-2029 di Kaimana, Kamis.

Ia mengatakan, DPRD adalah bagian integral dari pemerintah daerah, mereka adalah bagian dari unsur penyelenggara pemerintah daerah yang sejajar dengan kepala daerah.

Tiga fungsi utama DPRD adalah pembentukan peraturan daerah, menyusun anggaran daerah dan melakukan fungsi pengawasan.

"DPRD adalah mitra kerja kepala daerah dengan pola hubungan check and balance dalam penyelenggaraan pemerintah daerah," katanya.

Ia mengatakan, perlu ada sinergi dan kolaborasi kerja kolektif antara DPRD dan kepala daerah untuk memberikan respon cepat dalam pemecahan persoalan-persoalan kerakyatan di tingkat lokal, membangun kerja sama yang efektif di tingkat regional, serta mendukung suksesnya agenda prioritas nasional, terutama pada pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024.

DPRD mempunyai peran dan fungsi penting dalam pembangunan daerah sehingga anggota dewan harus memiliki pengetahuan yang luas, kemampuan yang handal berkaitan dengan substansi bidang tugas, serta dibarengi dengan sikap perilaku yang baik.

Tidak lupa, Freddy juga menyampaikan terima kasih kepada DPRD Kaimana periode 2019-2024 atas pengabdian selama lima tahun membangun Kabupaten Kaimana bersama pemerintah daerah.

Ketua DPRD periode 2019-2024, Irsan Lie dalam sambutan akhir masa jabatannya menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kaimana atas dukungan dan kepercayaan yang telah diberikan kepada DPRD selama ini.

Ia berharap hubungan dan kerja sama yang baik antara Pemkab dan DPRD Kaimana selama ini terjalin baik dapat terus terpelihara.

"Kerja sama yang terjalin baik, merupakan bukti komitmen Pemerintah Daerah dan DPRD dalam membangun Kabupaten Kaimana dan memperjuangkan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Pewarta: Isabela Wisang

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024