Pemerintah Kabupaten Kaimana, Papua Barat mengapresiasi dukungan dan pendampingan yang diberikan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Prasarana Pemukiman Wilayah (PPW) Papua Barat Ditjen Cipta Karya dalam pengelolaan air bersih.

Bupati Kaimana Freddy Thie di Kaimana, Kamis, mengatakan daerahnya menjadi satu-satunya kabupaten/kota di Papua Barat yang mendapatkan pendampingan oleh Kemen PUPR dalam hal pengelolaan air bersih untuk kebutuhan masyarakat.

Pada Kamis siang, Bupati Freddy langsung mendampingi Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Papua Barat Ditjen Cipta Karya Ir Marsudi meninjau sumber air di Kali Sukun yang rencananya akan disuplai ke kota Kaimana untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat.

"Hari ini kami ke sini, selain melihat usulan kegiatan penataan kawasan Taman Jokowi-Iriana, saya juga mau sampaikan khabar gembira bahwa tahun depan Kaimana jadi satu-satunya daerah di Papua Barat yang mendapatkan pendampingan pengelolaan air bersih," kata Marsudi

Marsudi menyebut Ditjen Cipta Karya KemenPUPR melalui Balai PPW Papua Barat memiliki komitmen guna menyelesaikan permasalahan air bersih di Kaimana.

"Ya, tentu ini adalah komitmen Kementerian melalui kami di Balai PPW untuk selesaikan masalah air di sini, apalagi perhatian Pak Freddy ini luar biasa dan tak kenal lelah berjuang untuk bangun Kaimana," ujarnya.

Bupati Kaimana Freddy Thie menyampaikan terima kasih atas perhatian yang diberikan oleh KemenPUPR untuk daerahnya.

"Puji Tuhan, terima kasih hari ini Bapak Marsudi sudah beri perhatian untuk Kaimana, air bersih merupakan masalah utama yang harus saya selesaikan. Bahkan saya keliling di Kementerian juga untuk minta bantuan karena ini sudah 19 tahun belum selesai," jelas orang nomor satu di Kaimana itu.

Pemkab Kaimana, katanya, mengupayakan berbagai cara untuk menghadirkan perubahan di Kaimana.

"Ini adalah bentuk kerja keras kita bersama, berbagai upaya dan langkah ini semata untuk masyarakat Kaimana. Kami selalu percaya semua kerja keras dan tulus pasti punya jalan," kata Freddy yang berlatar belakang seorang pengusaha itu.

Melalui dukungan dan perhatian Ditjen Cipta Karya KemenPUPR melalui Balai PPW Papua Barat, Freddy berharap permasalahan air bersih yang menjadi kerinduan masyarakat Kaimana selama berpuluh-puluh tahun bisa segera teratasi.

"Semoga ini jadi jawaban atas kerinduan kita semua selama ini dan masyarakat bisa menikmati air bersih di rumah mereka masing-masing," ujarnya.

Pewarta: Evarianus Supar

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2022