Komisi Pemilihan Umum Provinsi Papua Barat Daya (PBD) menetapkan nomor urut lima pasangan calon gubernur-wakil gubernur peserta pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

Ketua KPU PBD Andarias Kambu di Sorong, Selasa, mengatakan pengambilan dan penetapan nomor urut paslon gubernur-wakil gubernur PBD dilaksanakan dalam rapat pleno terbuka yang dihadiri seluruh paslon pada Senin (23/9).

"Sesuai tahapan dan jadwal yang telah ditetapkan, KPU Papua Barat Daya telah melaksanakan pengundian dan penetapan nomor urut kepada masing-masing calon," kata Andarias.
 
Masing-masing calon diberi kesempatan mengambil tabung yang berisi nomor undi berdasarkan nomor urut terkecil yang diambil sebelumnya oleh calon wakil gubernur. 
 
Berdasarkan hasil pengundian tersebut, pasangan Abdul Faris Umlati-Petrus Kasihiuw mendapatkan nomor urut 1. Selanjutnya, pasangan Gabriel Assem-Lukman Wugaje mendapatkan nomor urut 2, pasangan Elisa Kambu-Ahmad Nausrau mendapatkan nomor urut 3, pasangan Yoppie Onesimus Wayangkau-Ibrahim Wugaje mendapat nomor urut 4, dan pasangan Bernard Sagrim-Sirajudin Bauw mendapat nomor urut 5.
 
Andarias menjelaskan bahwa pasangan calon diberikan waktu menggelar kampanye dimulai pada 25 September 2024 hingga 23 November 202.

Selama pelaksanaan kampanye, ada beberapa hal teknis yang perlu diperhatikan setiap paslon terkait kegiatan kampanye terbuka dan pemasangan alat peraga kampanye yang telah diatur dalam surat keputusan KPU.
 
KPU PBD juga akan menggelar debat publik antarpaslon. Pelaksanaan debat publik tersebut berlangsung selama 20 hari, dimulai pada 4 November 2024 hingga 24 November 2024.

Adapun kegiatan debat kandidat akan digelar sebanyak tiga kali, dua kali digelar di Jakarta dan satu kali digelar di Sorong, ibu kota Provinsi PBD.
 

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024