Pemerintah Kabupaten Kaimana, Papua Barat menggelar simulasi computer assisted test (CAT) untuk mempersiapkan para peserta menghadapi seleksi CPNS yang akan dilaksanakan pada Oktober hingga November mendatang.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Kaimana itu diikuti 1.669 pendaftar CPNS dan dibuka secara resmi oleh Bupati Kaimana Freddy Thie bertempat di Gedung Pertemuan Kaimana, Rabu.

Bupati Freddy menyatakan berterima kasih kepada BKPSDM dan Dinas Kominfo Kaimana karena telah menyiapkan segala keperluan termasuk jaringan internet guna memperlancar kegiatan simulasi CAT CPNS 2024.

Freddy juga mengapresiasi kehadiran Kepala Kantor Regional IV BKN Papua Barat Nur Hasan guna memberikan pendampingan dalam hal pelaksanaan simulasi.

Menurut Freddy, kegiatan simulasi CAT tidak dilakukan di kabupaten lain di Papua Barat, cuma di Kaimana.

"Simulasi ini untuk memberikan kesempatan kepada adik-adik supaya lebih mengenal perangkat-perangkat lunak dengan soal-soal yang bisa adik-adik coba kerjakan," ujarnya.

Ia berharap, seluruh peserta memanfaatkan kesempatan tersebut untuk lebih mempersiapkan diri menghadapi ujian seleksi CPNS 2024, terutama berkaitan dengan pengoperasian perangkat lunak komputer.

"Saya minta adik-adik mulai hari ini cari referensi-referensi soal, baik itu melalui google dan lain-lain sehingga bisa memperkaya pengetahuan saat mengikuti tes," pesan Bupati Kaimana.

Kepala BKPSDM Kaimana Onna Lawalata melaporkan bahwa jumlah peserta yang mengikuti simulasi CAT merupakan seluruh pendaftar CPNS yang sudah submit atau memasukkan berkas yakni sebanyak 1.669 orang.

Simulasi berlangsung selama tiga hari mulai 18-20 September 2024.

Untuk mendukung kegiatan simulasi itu, pihak BKPSDM dibantu Dinas Kominfo Kaimana menyediakan 105 unit perangkat komputer, dimana 100 unit akan digunakan oleh peserta, da sisanya 5 unit sebagai cadangan.

Simulasi berlangsung dalam 6 sesi dengan jumlah peserta per sesi sebanyak 100 orang.

Kepala Kantor Regional IV BKN Papua Barat Nur Hasan mengapresiasi keseriusan Pemkab Kaimana dalam membantu memberikan pemahaman awal kepada peserta seleksi CPNS 2024.

Nur Hasan menyebut terdapat beberapa materi tes yang wajib dijalani para peserta dalam seleksi CPNS 2024 yakni tes intelegensia umum (TIU), tes karakteristik pribadi (TKP) dan seleksi kompetensi bidang (SKB) dengan total soal sebanyak 110 nomor.
 

Pewarta: Isabela Wisang

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024