Pemerintah Kabupaten Kaimana melalui Dinas Kendudukan dan Pencatatan Sipil baru-baru ini menggelar sosialisasi sekaligus melaunching Identitas Kependudukan Digital (IKD) dan sistem informasi administrasi kependudukan terpusat dan etika dalam pelayanan publik.

Kegiatan itu dibuka Asisten I Setda Kaimana Yacob Ahimza Ire Warere, dihadiri unsur Forkopimda Kaimana, pimpinan OPD, para Ketua RT, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Bupati Kaimana Freddy Thie dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten I Yacob Ahimza Irre Warere menyebut penerapan Identitas Kependudukan Digital merupakan upaya pemerintah untuk mewujudkan pelayanan yang cepat, tepat, akurat, lengkap, dan gratis. 

Penerapan Identitas Kependudukan Digital di Kaimana diharapkan dapat membuka aksesibilitas yang lebih besar bagi masyarakat, terutama bagi warga yang berada di daerah terpencil dan sulit dijangkau. 

Melalui aplikasi IKD tersebut, masyarakat dapat mengakses layanan pemerintah dan swasta tanpa harus mendatangi Kantor Disdukcapil atau mengurus berbagai dokumen fisik.
 
Bupati Freddy juga berharap melalui peluncuran IKD ini dapat mempermudah proses administrasi kependudukan, serta meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Kaimana, dengan memberikan kemudahan akses dan efisiensi dalam pengelolaan identitas kependudukan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kaimana Wahab Pical menuturkan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang manfaat IKD dalam pelayanan publik. 

Ia berharap melalui sosialisasi ini peserta dapat memahami manfaat dari aplikasi IKD, yang dapat membantu meningkatkan efisiensi, transparansi dalam administrasi kependudukan.
 

Pewarta: Isabela Wisang

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024