Pemerintah Kabupaten Manokwari, Papua Tengah, memberdayakan warga masyarakat untuk menjaga dan mengembangkan pariwisata di Kelurahan Pasir Putih.

Bupati Manokwari, Hermus Indou di Manokwari, Senin, mengatakan Pemkab Manokwari memberikan dua sepeda motor pengangkut sampah bagi warga untuk menjaga kebersihan di objek wisata Pasir Putih.

"Motor ini kita hibahkan pada Kelompok Sadar Wisata Pasir Putih dan Karang Taruna Rempas sebagai bentuk pembinaan dan pemberdayaan masyarakat. Apalagi Pasir Putih adalah objek wisata pantai yang paling dekat dengan pusat kota Manokwari yang menjadi alternatif pertama masyarakat untuk berekreasi," jelas Hermus.

Hermus mengatakan, masyarakat sendiri yang akan mengelola dan mengoperasikan motor tersebut untuk mengangkut sampah sampai TPS.

Selain memberi bantuan motor pengangkut sampah, Pemkab Manokwari juga membentuk satgas kebersihan objek wisata Pasir Putih baik di darat maupun di laut. Satgas terdiri dari pemerintah, pihak swasta dan masyarakat.

"Setiap hari harus ada petugas di pasir putih untuk bawa sampah dan angkut ke TPA. Akan bertugas secara bergantian yang 5 orang bekerja dari pagi sampai dengan siang jam 14.00 kemudian nanti 5 orang lagi masuk berikutnya itu bekerja dari jam 14.00 sampai jam 18.00 WIT," ujarnya.

Ia mengatakan, kelestarian lingkungan objek wisata Pasir Putih dan objek wisata lainnya harus jadi tanggung jawab bersama, bukan hanya pemerintah saja tapi butuh peran aktif seluruh masyarakat.

Masyarakat jangan menjadi penonton dalam pembangunan daerah tapi mereka harus peran aktif bekerja sama dengan pemerintah daerah dan swasta untuk pengembangan dan pemanfaatan semua objek pariwisata di Kabupaten Manokwari.

"Dengan demikian kita berharap semua objek wisata bisa bernilai ekonomi yang tinggi sehingga memberikan keuntungan bagi masyarakat maupun pemerintah daerah. Ini adalah upaya kita bersama-sama meningkatkan kapasitas dan kemandirian ekonomi dan fiskal daerah," ujarnya.

Selain objek wisata pantai pasir putih, pemerintah juga berupaya agar objek wisata lainnya seperti Pulau Mansinam, Gunung Meja, Pantai Petrus Kafiar, Bakaro dan Telaga Wasti serta untuk jangka panjang Pantai Kaironi di Sidey dan Kampung Mokwan dengan wisata burung Pintar akan menjadi program strategis Pemkab Manokwari dalam memajukan wisata Ibukota Provinsi Papua Barat.

Pewarta: Ali Nur Ichsan

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023