Bupati Manokwari Hermus Indou mendorong berbagai program kegiatan yang bermanfaat, seperti instalasi listrik dan bedah rumah, bagi masyarakat yang memerlukan.

Hal itu diwujudkan dalam rangka bulan bakti peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-124 Manokwari, Papua Barat, pada 8 Oktober hingga 8 November mendatang.

"Ada satu yang saya harapkan juga bisa berjalan, yakni bedah rumah bagi keluarga sangat miskin dengan harapan hunian bisa ditingkatkan kualitasnya supaya layak ditinggali," kata Hermus di Manokwari, Senin (19/9).

Hermus mencontohkan kegiatan yang menyentuh langsung ke masyarakat adalah pemasangan meteran listrik. Dia menilai instalasi listrik penting karena masih ada beberapa wilayah yang sudah terjangkau infrastruktur kelistrikan, namun belum memiliki sambungan listrik langsung ke rumah masyarakat.

Selain itu, lanjutnya, jalan lingkungan yang memiliki kerusakan ringan juga dapat menjadi program OPD untuk dijalankan dalam bulan bakti, termasuk penyediaan air bersih dan kebersihan lingkungan.

Hermus mendorong seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) dapat menyiapkan kegiatan yang menyentuh langsung masyarakat, dengan tetap menyesuaikan kemampuan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Manokwari.

"Kami sudah minta agar OPD menyiapkan kegiatan yang tidak terlalu banyak, tapi bisa menyentuh langsung masyarakat sekaligus sebagai bentuk pembangunan citra pemerintah daerah di tengah-tengah masyarakat kita," tambahnya.

Hal seperti itu bisa menjadi kegiatan efektif untuk dijalankan OPD karena masih menjadi tanggung jawab pemerintah daerah.

"Saya sudah ingatkan OPD agar mereka berinisiatif untuk menyelenggarakan kegiatan pokok sebagai bentuk layanan pemerintah daerah yang disesuaikan dengan kemampuan kita masing-masing OPD dan sesuai APBD," ujarnya.

Pewarta: Rachmat Julaini

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2022