Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Sorong menggandeng Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sorong Raya dalam memberikan pelatihan dasar-dasar jurnalistik guna meningkatkan pemahaman siswa pada dunia kewartawanan.

Kepala Madrasah Aliyah Negeri Kota Sorong, Slamet Widodo di Sorong, Rabu mengatakan bahwa tujuan sekolahnya menggandeng PWI memberikan pelatihan bagi siswa agar mereka paham seperti apa ilmu jurnalistik.

Dia mengatakan bahwa selain kegiatan rutin belajar mengajar sekolah juga memiliki sejumlah fasilitas yang dapat menunjang peningkatan kreativitas siswa.

Salah satunya adalah studio podcast yang dapat dijadikan sebagai pusat pembelajaran kreativitas siswa di luar pembelajaran umum ilmu pengetahuan.

Karena itu, kata dia, pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa sehingga dapat mengembangkan potensi dan bakat yang dimiliki dengan fasilitas yang ada tersebut.

Slamet menyampaikan apresiasi atas dukungan PWI Sorong Raya dalam menghadirkan narasumber berkompeten pada kegiatan pelatihan jurnalistik.

Semoga pelatihan dengan pelatihan ini, siswa Madrasah Aliyah Negeri Kota Sorong dapat aktif menggali ilmu yang akan disajikan oleh pemateri sehingga ke depan dapat bersaing di sejumlah kegiatan atau lomba" tambah dia.

Ketua PWI Sorong Raya, Wahyudi yang menyampaikan keterangan terpisah, memberikan apresiasi dan penghargaan atas kepercayaan pihak sekolah kepada PWI untuk memberikan materi pada pelatihan jurnalistik dasar kepada para siswa.

Menurutnya, pelajar saat ini harus banyak dibekali dengan keahlian di luar dari apa yang dipelajari di sekolah sehingga selepas lulus pelajar dapat menentukan pilihan kemana akan mengembangkan dirinya.

Wahyudi menambahkan kepengurusan PWI Sorong Raya yang baru saja dilantik dan melaksanakan rapat kerja bersepakat untuk menyusun silabus, kurikulum atau modul pelatihan jurnalistik yang dapat dipergunakan saat memberikan materi pada pelatihan semacam ini.

Pewarta: Ernes Broning Kakisina

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2022