Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sorong, Provinsi Papua Barat Daya, menerima 426 ribu surat suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur serta wali kota dan wakil wali kota pada Pilkada serentak 2024.

Plh Ketua KPU Kota Sorong Indra Hafidz Saragi, di Sorong, Senin, menjelaskan distribusi surat suara dari Jakarta itu menggunakan jasa angkutan udara Batik Air dan Pelita Air hingga tiba di Bandara DEO Sorong sekitar pukul 07.15 WIT.

"Jumlah surat suara sebanyak 213 koli sudah termasuk surat suara untuk pemilihan suara ulang. Kemudian surat suara itu diangkut ke gudang logistik pada pukul 09.50 WIT di Jl. Alteri Kota Sorong," ujar dia.

Dia mengatakan dalam satu koli terdapat 2.000 eksemplar surat suara, sehingga jika dikalikan secara menyeluruh dari 213 koli surat suara itu ada 426 ribu surat suara yang terdiri atas 106 koli untuk jenis pemilihan gubernur dan wakil gubernur, dan 107 koli surat suara untuk pemilihan wali kota dan wakil wali kota.

"Kita sudah terima surat suara dan saat ini ada di gudang logistik, selanjutnya akan dilakukan penyortiran yang direncanakan dalam kurun waktu satu atau dua hari ke depan," beber dia.

Dia mengatakan seluruh surat suara yang telah diterima itu tidak ditemukan kerusakan sehingga dipastikan aman dan siap digunakan pada pelaksanaan Pilkada 27 November 2024.

Sementara itu, Anggota Bawaslu Kota Sorong Abdul Kadir Kelosan pun memastikan bahwa surat suara yang diterim aitu tidak ditemukan kerusakan dan pelanggaran, setelah pihaknya melakukan pengawasan terhadap kedatangan logistik pilkada tersebut.

"Setelah kita lakukan pengawasan, semuanya berjalan lancar tanpa ditemukan adanya kendala," kata dia.
 

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024