Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manokwari, Papua Barat, menggelar pleno untuk menetapkan nomor urut dua pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Manokwari pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

Ketua KPU Manokwari Christine R Rumkabu di Manokwari, Senin, mengatakan rapat pleno terbuka dengan agenda pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Manokwari merupakan bagian tahapan Pilkada serentak 2024.

"Pengundian nomor urut paslon Bupati dan Wakil Bupati Manokwari dilakukan berdasarkan tata tertib dan mekanisme yang berlaku pada Pilkada serentak 2024," katanya.

Pada pleno tersebut, pasangan Bernard Boneftar-Eddy Waluyo (BERBUDI) mendapat nomor urut 1. BERBUDI diusung lima partai politik yaitu Partai Gelora, Partai Hanura, Partai Umat, PKN, dan Partai Garuda dengan jumlah perolehan suara sah Pemilu 2024 sebanyak 14.501 suara.

Sedangkan pasangan calon petahana Hermus Indou-Mugiyono (HERO) mendapatkan nomor urut 2. HERO diusung 12 partai politik yaitu PKB, Partai Gerindra, PDIP, Partai Golkar, Partai Nasdem, Partai Buruh, PKS, PAN, PPP, PSI, Partai Demokrat, dan Partai Perindo dengan jumlah perolehan suara sah Pemilu 2024 sebanyak 104.304 suara.

"Pleno terbuka ini juga mendapat pengawasan langsung dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Manokwari. Hadir pula pada pleno ini Kapolresta Manokwari dan perwakilan Forkopimda Manokwari," ujarnya.
Kedua pasangan calon yaitu Bernard Boneftar-Eddy Waluyo (BERBUDI) dan Hermus Indou-Mugiyono (HERO) salin berpelukan sebelum pengundian nomor urut Pilkada di Manokwari, Senin (23/9/2024). (ANTARA/Ali Nur Ichsan)


Calon Bupati Manokwari nomor urut 1 Bernard Boneftar dalam sambutannya mengatakan pemilu adalah proses demokratis untuk memilih pemimpin daerah yang harus didukung semua pihak.

Seluruh masyarakat yang mempunyai hak pilih diajak untuk menyalurkan hak suara dan membangun demokrasi yang sehat dengan menjaga Manokwari tetap aman, damai dan penuh dengan kekeluargaan.

"Soal apa pun yang nantinya menjadi hasil dari tanggal 27 November harus diterima semua pihak, apalagi akan masuk bulan Desember, bulan yang penuh kedamaian," katanya.

Calon Bupati Manokwari nomor urut 2 Hermu Indou dalam sambutannya menyatakan bahwa calon yang maju pada kontestasi Pilkada di Manokwari adalah putra-putra daerah Manokwari yang terbaik, sehingga semua harus didukung segenap masyarakat dengan datang ke TPS.

Ia bersyukur, seluruh tahapan Pilkada di Manokwari dari awal hingga pengundian nomor urut dapat berjalan aman, lancar, dan damai. Hal itu menunjukkan kedewasaan berpolitik masyarakat di Manokwari.

"Kabupaten Manokwari adalah bagian Indonesia yang harus bersiap dengan berkompetisi dengan daerah lain. Kedua calon bupati sekarang ini bukan orang lain, tapi putra terbaik Manokwari yang akan membangun kemajuan Manokwari ke depannya," katanya.
 

Pewarta: Ali Nur Ichsan

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024