Bupati Manokwari Provinsi Papua Barat, Demas Paulus Mandacan melantik secara serentak seluruh kepala Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di daerah tersebut, Selasa.

Pada kegiatan yang digelar di Gedung Sasana Karya Manokwari tersebut, Bupati mengimbau agar mereka dapat melaksanakan tugas secara baik. Tanggungjawab kepala sekolah cukup berat sehingga harus dilaksanakan secara baik.

"Sekolah memegang peran penting dalam membangun sumber daya manusia. Kepala sekolah harus memiliki orientasi membangun," kata Bupati.

Ia juga mengimbau, para kepala sekolah yang baru dilantik itu mengembangkan aktivitas pendidikan di sekolah masing-masing. Kualitas peserta didik sangat tergantung dari sistem pendidikan yang diterapkan.

Selain itu, mereka juga ditekankan agar tertib dalam menerapkan administrasi serta pelayanan. "Kedepankan transparansi dan akuntabilitas. Intinya laksanakan kegiatan sesuai aturan agar tidak menimbulkan masalah," kata dia.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Manokwari Barnabas Dowansiba pada wawancara terpisah berharap para sekolah yang baru dilantik segera melaksanakan tugas seluruh kegiatan di sekolah berjalan lancar.

"Saat ini ada beberapa kepala sekolah sudah pensiun, maka kepala sekolah yang baru harus segera menjalankan tugas. Kalau tidak siapa yang mau tanda tangan ijazah," katanya lagi.

Ia menyebutkan, serah terima jabatan akan segera dilakukan bagi sekolah yang kepala sekolahnya yang sudah pensiun.

Pewarta: Toyiban

Editor : Key Tokan A


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2019