Bupati Manokwari Hermus Indou menyerahkan paparan proyek strategis nasional Kabupaten Manokwari tahun 2024 pada Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw di Manokwari, Selasa.

"Saya serahkan paparan ini agar Pj Gubernur bisa mempelajari langsung apa yang sudah kami usulkan pada Presiden Joko Widodo. Mohon maaf jika sebelumnya saya sudah menemui presiden lebih dulu," kata Hermus.

Empat usulan proyek infrastruktur strategis nasional untuk Kabupaten Manokwari tahun 2024 yaitu Pembangunan Jembatan JOKOWI Pepera 1969, pembangunan Ottow Geissler International Convention Center (OGICC) di Pulau Mansinam, pembangunan Manokwari UMKM Center dan pembangunan Stadion Mini.

Ia mengatakan, untuk membangun Kabupaten Manokwari masih membutuhkan dukungan Pj Gubernur Papua Barat. Diharapkan Pj Gubernur ikut memperjuangkan di pemerintah pusat.

Apalagi, katanya  usulan untuk empat proyek strategis nasional di 2024 demi sebuah peninggalan pembangunan dari pemerintah yang sudah pernah berjalan, setelah kurang lebih 20 tahun terakhir keberadaan Kabupaten Manokwari tidak ada pembangunan spektakuler yang ditinggalkan pemerintah untuk warganya.

"Setiap kepemimpinan pemerintah harus meninggalkan legacy. Bupati dan gubernur itu memimpin dalam waktu yang tidak lama. Tetapi setidaknya mereka harus meninggalkan Legacy yang bisa diceritakan dari generasi ke generasi. Jangan setelah memimpin tidak ada bekas kepemimpinannya," ujarnya.

Hermus menambahkan jika pembangunan di Kabupaten Manokwari terlihat, maka menunjukkan pembangunan seluruh Indonesia diperhatikan pemerintah. Itu juga akan meninggalkan kesan yang baik terhadap Pemerintahan Presiden Jokowi tidak hanya bagi rakyat Papua tapi juga seluruh rakyat Indonesia.

"Konsep satu kesatuan sebagai sebuah negara  dari Sabang sampai Merauke harus diperhatikan baik dan bagus kualitas pembangunan di semua tempat," ujarnya.

Pj Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw menyatakan sebagai perwakilan pemerintah pusat, dirinya berkomitmen mendukung apa yang menjadi kebijakan Bupati Manokwari demi kemaslahatan masyarakat Manokwari. Tugasnya adalah meneruskan apa yang menjadi aspirasi masyarakat yang diberikan melalui pemerintah daerah.

"Jangankan empat proyek, semakin banyak semakin bagus. Kita akan berkolaborasi dengan Bupati Manokwari. Kita prioritaskan Kabupaten Manokwari sebagai ibukota Provinsi. Kita perlu melihat bagaimana ketertinggalan Manokwari sebagai ibukota provinsi setelah Sorong Raya jadi provinsi sendiri," ujarnya.

Pewarta: Ali Nur Ichsan

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023