Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Papua Barat membagikan ratusan bendera merah putih pada kampung-kampung yang berada di wilayah Distrik (kecamatan) Manokwari Selatan, Manokwari.

Kasubdid Kewaspadaan Dini dan Kerja Sama Intelijen Kesbangpol Papua Barat M.N. Nababan di Manokwari, Jumat, mengatakan pembagian bendera dilakukan agar peringatan HUT RI ke-79 bisa semarak di kampung-kampung yang mayoritas dihuni orang asli Papua (OAP) tersebut.

"Dengan semaraknya HUT RI diharapkan dapat meningkatkan rasa cinta tanah air dari masyarakat khususnya OAP," ujarnya.

Dalam pembagian bendera tersebut pihaknya berkolaborasi dengan Babinsa Koramil 1801-01/Manokwari, Babinsa Pos Ramil Manokwari Selatan, Kepala Distrik Manokwari Selatan dan Pos polisi sub sektor Maruni.

Selain untuk memperingati Kemerdekaan Indonesia ke-79 tahun, pemasangan bendera merah putih juga untuk memberikan rasa hormat atas perjuangan dan pengorbanan pejuang yang telah mengorbankan jiwa dan raga untuk kemerdekaan Indonesia.

"Masyarakat cukup senang dengan adanya pembagian bendera ini, karena tidak hanya dibagikan, kita langsung pasang di rumah-rumah warga," katanya.

Kepala Distrik Manokwari Selatan Meliana Sayutan mengatakan pembagian bendera putih menyasar 16 kampung yang berada di Manokwari Selatan.

Untuk memeriahkan HUT RI ke-79 Bupati Manokwari telah membuat surat edaran agar seluruh masyarakat di Manokwari, memasang bendera merah putih di tiap rumah, toko dan kantor.

Hal itu sebagai bentuk rasa syukur karena saat ini seluruh masyarakat dapat menikmati kemerdekaan dan tinggal diisi dengan hal-hal positif.

"Seluruh kampung di Manokwari Selatan harus bisa memeriahkan Hari Kemerdekaan RI dengan mengibarkan bendera putih terutama di sepanjang jalan utama kampung," katanya.

Sedangkan Danpos Ramil Manokwari Selatan Pelda Eko Daryanto mengatakan pihak TNI-Polri akan selalu mendukung langkah-langkah pemerintah daerah dalam meningkatkan antusias warga memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-79.

Pembagian bendera merah putih juga bagian dari upaya pemerintah meringankan warga dalam memeriahkan HUT RI sehingga dapat menggugah kecintaan pada NKRI.

"Sebelum 17 Agustus seluruh kemeriahan HUT RI harus sudah nampak. Kita akan terus membantu pemerintah untuk memantau dan mengedukasi agar masyarakat memiliki kebanggaan pada NKRI," ujarnya.*

Pewarta: Ali Nur Ichsan

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024