Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat menargetkan posisi lima besar pada perlombaan kompetensi siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) tingkat nasional yang diselenggarakan pada Agustus 2024.

Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan Papua Barat Rustam Aji di Manokwari, Rabu, mengatakan peserta yang berhasil meraih juara 1 dari 11 jenis perlombaan kompetensi siswa SMK tingkat provinsi akan melanjutkan ke tingkat nasional.

"Tahun 2023 peserta jenis lomba IT Network masuk sepuluh besar, jadi tahun ini kami upayakan bisa tembus lima besar nasional," kata dia.

Dia menjelaskan peserta lomba yang lolos ke tingkat nasional terlebih dahulu mengikuti program magang di sejumlah daerah sebelum diberangkatkan ke Lampung pada Agustus mendatang.

Hal itu untuk mengasah kemampuan dan mental setiap peserta lomba supaya dapat mengikuti kompetisi tingkat nasional dengan kesiapan yang matang guna memperoleh hasil sesuai ekspektasi.

"Setelah magang mereka kembali dulu ke Manokwari baru diberangkatkan ke Lampung," kata dia.
 
Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan Papua Barat Rustam Aji ditemui awak media di SMK Negeri 2 Manokwari, Rabu )10/7/2024). (ANTARA/Fransiskus Salu Weking)


Dia mengatakan lomba kompetensi tingkat provinsi diselenggarakan selama 8-11 Juli 2024 dengan lima jenis perlombaan, yaitu teknik kelistrikan, desain website, desain grafis, informasi sistem administrasi jaringan, dan otomotif mobil.

Peserta lomba 12 siswa SMK yang berasal dari empat daerah se-Papua Barat, yaitu Kabupaten Manokwari, Fakfak, Kaimana, dan Teluk Bintuni.

"Enam jenis lomba lainnya langsung lolos ke tingkat nasional karena cuma satu peserta yang ikut," kata dia.

Sebanyak enam jenis lomba yang peserta langsung dinyatakan lolos ke tingkat nasional, yaitu teknik pengelasan, elektronika, pelayanan restoran, resepsionis hotel, dan teknologi informasi perangkat lunak untuk bisnis.

Pewarta: Fransiskus Salu Weking

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024