Kementerian Agama (Kemenag) Sorong Selatan (Sorsel), Papua Barat Daya, menyatakan para tokoh agama berperan penting dalam menciptakan suasana aman dan damai serta menjaga kondusifitas menjelang pemilihan kepala daerah (pilkada) 2024 di wilayah itu.

Pelaksana Tugas Kepala Kemenag Sorsel Yubelina Duwit, di Teminabuan, Senin mengatakan tokoh agama harus bersama-sama mensukseskan pilkada 2024 di Sorsel.

"Peran tokoh agama sangat penting karena salah satu faktor pendukung pilkada sebagai ajang pemersatu dalam menjaga integrasi bangsa," kata Yubelina.

Menurut dia, tokoh agama memiliki peran strategis untuk menciptakan suasana aman, damai dan kondusif.

"Masyarakat juga perlu berhati-hati dalam berbicara dan bertindak serta mencerna dengan baik semua informasi yang beredar di tengah masyarakat," ujarnya.

Ia menagatakan peran tokoh agama memberikan pendidikan politik yang baik kepada masyarakat dan umat serta harus bijak dalam menyampaikan informasi.

"Harapan kita bersama agar pilkada bisa berjalan dengan aman, baik, lancar," ujae Yubelina.

Sementara itu Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sorsel Pastor Zepto Triffon Polii mengatakan peran penting tokoh agama, di antaranya memberikan penguatan moral, terutama ketika kondisi umum moralitas berbangsa dan bernegara sedang merosot.

" Mewartakan suara kenabian tentang perbaikan kehidupan masyarakat dan melawan kemiskinan, kebodohan, dan ketidakadilan, serta pengrusakan alam," ujar Zepto.
 

Pewarta: Paulus Pulo

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024