Pemerintah Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel) Provinsi Papua Barat Daya menggelar musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) rencana pembangunan kerja pemerintah daerah (RKPD) tahun 2024, dan yang menjadi prioritas utama adalah fokus pada penurunan angka kemiskinan ekstrem, penanganan inflasi daerah, dan penguatan standar pelayanan minimal (SPM).

Sekertaris Daerah Sorsel Dance Nauw di Teminabuan Kamis mengatakan, Musrenbang RKPD dilakukan untuk menyepakati permasalahan dan prioritas pembangunan daerah, penyelesaian program kegiatan, dan sub kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan.

"Pelaksanaan Musrenbang RKPD tingkat kabupaten merupakan amanat UU Nomor: 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor: 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian, dan evaluasi pembangunan daerah," kata Dance.

Dance Nauw mengatakan lebih lanjut, kegiatan itu untuk klarifikasi program, kegiatan dan sub kegiatan yang merupakan kewenangan kabupaten, provinsi dan pusat yang diusulkan berdasarkan musyawarah di tingkat kampung dan distrik.

"Kali ini Musrenbang di Sorsel merupakan penjabaran ketiga dari RPJMD periode 2021-2026. Karena itu kita membutuhkan dukungan pimpinan organisasi perangkat daerah bersama-sama membangun kabupaten kita ini. Marilah kita membuka dan mencermati beberapa sasaran strategi yang telah di capai, yang masih menjadi kendala, tantangan sehingga hal tersebut dapat dijadikan dasar dalam penentuan program," kata Dance.

Kemudian, katanya, kepuasan masyarakat atas layanan publik, angka kemiskinan masih tinggi, walaupun pada tahun 2023 mengalami penurunan sebesar 0,37 persen dari tahun 2022 sebesar 18,24 persen menjadi 18,11 persen.

"Dalam pelaksanaan Musrenbang RKPD tahun 2025 haruslah kita memperhatikan capaian program, kegiatan, sub kegiatan yang diperlukan untuk mendorong dan memperbaiki target capaian yang belum kita capai itu menjadi perhatian serius," kata Dance.

Ia juga mengatakan, percepatan penurunan stunting, penurunan angka kemiskinan ekstrem, penanganan inflasi daerah, dan penguatan standar pelayanan minimal menjadi prioritas utama dalam pelaksanaan Musrenbang RKPD tahun 2024 ini.

Pewarta: Paulus Pulo

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024