Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maybrat, Papua Barat Daya, menyelenggarakan sekolah sepanjang hari (SSH) dan memberikan makan gratis sejak 29 Januari 2024 di dua sekolah swasta yang tersebar di beberapa distrik di wilayah itu.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Maybrat, Kornelius Kambu, Sabtu di Kumurkek  mengatakan sekolah yang menjadi contoh SSH dan makan gratis di antaranya SD Yayasan Pendidikan dan Persekolahan Katolik (YPPK) Santo Petrus Ayawasi, YPPK Mikael Suswa.

"Selain dua sekolah tersebut, Disdik juga tengah mempersiapkan dua sekolah di wilayah Aitinyo dan Ayamaru untuk menyelenggarakan program tersebut," kata Kornelius Kambu.

Ia mengatakan, program tersebut dilaksanakan sebagai bentuk komitmen pemkab dan lembaga pendidikan dalam meningkatkan kesejahteraan siswa dalam menyiapkan generasi emas Kabupaten Maybrat di tahun 2024 mendatang.

"Program makan siang gratis ini akan disandingkan dengan program calon Presiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, sehingga dipastikan akan terus berlanjut," ungkapnya.

Program tersebut juga mendapat apresiasi dari badan pengarah percepatan pembangunan otonomi khusus papua (BP3OKP) Papua Barat Daya.

”Program ini jalan pelan tetapi menyentuh substansi anak-anak Maybrat yang ada di sekolah-sekolah karena kita harus sesuaikan juga dengan kemampuan keuangan,” ujarrnya.*

Pewarta: Paulus Pulo

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024