Manokwari,(Antaranews Papua Barat)-Wilayah Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat, diguncang gempa berkekuatan 3,8 skala richter dan tidak berpotensi tsunami.

Kepala Stasiun Geofisika Saya Andri W Bidang dalam siaran persnya, Jumat, menyebutkan gempa bumi terjadi pada pukul 15:47:36 waktu Indonesia Timur.  Pusat gempa bumi terletak pada koordinat 1.97 lintang selatan dan 133.27 bujur timur.

Pusat gempa ini berada pada kedalaman 10 kilo meter di jarak 34 kilo meter Barat Laut Teluk Bintuni. Belum ada laporan mengenai kerusakan akibat guncangan gempa bumi tersebut.

"Ditinjau dari kedalaman hiposenter, ini merupakan gempa bumi dangkal yang disebabkan aktivitas sesar lokal. Tidak berpotensi tsunami, karena kekuatannya tidak cukup besar untuk membangkitkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu terjadinya tsunami," kata dia.

Ia mengimbau masyarakat tenang dan terus mengikuti arahan dari BPBD serta informasi dari BMKG. Khusus masyarakat di daerah pesisir pantai dihimbau agar tidak terpancing isu yang tidak bertanggung jawab terkait gempa.(*)
 


 

Pewarta: Toyiban

Editor : Key Tokan A


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2018