Tim Pengendalian Inflasi Daerah atau TPID kota Sorong, Papua Barat, mendatangi gudang distributor di daerah tersebut, Senin guna memastikan kebutuhan pokok tersedia serta harga stabil menjelang perayaan Natal 25 Desember 2021 dan Tahun Baru 2022.

Staf Ahli Wali Kota Sorong Bidang Ekonomi, Amos Kareth mengatakan bahwa pengawasan tersebut merupakan program rutin tahunan guna pengendalian inflasi daerah.

Dia mengatakan bahwa pengawasan ini guna memastikan ketersediaan kebutuhan pokok bagi masyarakat pada tingkat distributor aman menjelang Natal maupun Tahun Baru.

Selain itu, pengawasan ini juga untuk memastikan agar harga kebutuhan pokok tetap stabil dan dapat dijangkau oleh masyarakat. 

Memastikan pula agar barang yang disediakan oleh pihak distributor untuk diedarkan kepada masyarakat di kota Sorong tidak kadaluwarsa.

Dikatakan bahwa tim gabungan yang melakukan pengawasan juga meminta kepada para distributor agar bila stok masih kurang dilakukan antisipasi sehingga tetap aman dan tidak terjadi kenaikan harga.

"Namun hasil pemantauan hari ini semua distributor yang kami datangi mengatakan bahwa ketersediaan kebutuhan pokok aman. Hanya tepung yang stoknya berkurang namun distributor memastikan bahwa barang tersebut sudah dipesan ke agen dan dalam pengiriman," ujarnya.

Kepala Loka Pengawasan Obat dan Makanan Sorong, Riyanto S. Farm yang memberikan keterangan terpisah, mengatakan bahwa pihaknya turun bersama tim Pemerintah Kota Sorong guna memastikan bahwa barang kadaluwarsa tidak lagi beredar kepada konsumen.

Ia menjelaskan bahwa barang kadaluwarsa di gudang distributor sudah berkurang dari tahun ke tahun. Pengelolaan gudang penyimpanan barang juga sudah membaik.

"Hanya ada beberapa kekurangan yang harus dibenahi. Kami akan melakukan sosialisasi pedoman penyimpanan barang dengan baik kepada pada distributor sehingga ke depan lebih baik lagi," tambah dia.

Pewarta: Ernes Broning Kakisina

Editor : Key Tokan A


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2021