Dinas Kesehatan Komando Armada III melakukan suntikan vaksin dosis pertama dan kedua bagi ratusan masyarakat dan pelajar SMA di Majener, Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat, Senin.

Kepala Dinas Penerangan Komando Armada III Kolonel Laut Abdul Kadir mengatakan bahwa kegiatan vaksinasi ini merupakan upaya Koarmada III bersinergi dengan pemerintah daerah untuk mempercepat peningkatan target capaian vaksinasi di Kabupaten Sorong.

Dia mengatakan bahwa jenis vaksin yang digunakan adalah vaksin Sinovac, baik dosis pertama maupun dosis kedua. Vaksinasi ini bagi masyarakat umum dan pelajar, namun diutamakan siswa SLTA yang telah memulai pembelajaran tatap muka.

Menurut dia, antusias masyarakat dan pelajar untuk divaksin sangat tinggi dan hal tersebut merupakan salah satu indikator bahwa kesadaran masyarakat memutus mata rantai penyebaran COVID-19 meningkat.

Karena itu, Koarmada III merespons peningkatan semangat masyarakat divaksin dengan menggelar serbuan vaksinasi setiap hari di wilayah Kabupaten Sorong di berbagai tempat secara simultan.

"Vaksinasi yang digelar setiap hari ini dapat diikuti oleh peserta, mulai dari usia 12 tahun. Peserta yang ingin divaksin hanya perlu menyiapkan KTP atau kartu keluarga (KK) serta nomor HP yang bisa di-SMS untuk informasi sertifikat vaksin," ujarnya.

Dikatakan bahwa antusias masyarakat tersebut diharapkan dapat dengan cepat terbentuk kekebalan kelompok sehingga kegiatan sosial ekonomi masyarakat dapat kembali berjalan secara normal dengan tetap disiplin menajalankan protokol kesehatan.

"Kami juga selalu menghimbau kepada masyarakat yang sudah divaksin agar selalu menerapkan protokol kesehatan dalam beraktivitas di mana pun berada untuk melindungi diri dan keluarga," ujar dia.

Pewarta: Ernes Broning Kakisina

Editor : Ernes Broning Kakisina


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2021