Kodim 1809/Maybrat memberikan bantuan makanan ringan kepada masyarakat Distrik Aifat yang mengungsi ke Distrik Aitinyo, sejak penyerangan Pos Koramil Persiapan Kisor yang menewaskan empat anggota TNI AD pada 2 September 2021.

Bantuan tersebut diserahkan oleh Perwira Seksi Teritorial Kodim 1809/Maybrat Kapten Inf Untung Wiyono kepada  masyarakat Aifat di Kampung Tehak Kecil Aitinyo, Sabtu (11/9).

Dia mengatakan bahwa pengungsi tersebut merupakan masyarakat dari Kampung Kisor Distrik Aifat Selatan yang mengamankan diri ke Distik Aitinyo, Kampung Tehak Kecil, sejak penyerangan Pos Koramil Persiapan Kisor, kabupaten Maybrat, Papua Barat, oleh Kelompok Nasional Papua Barat (KNPB), pekan lalu.

Saat pembagian bantuan, Pasiter dan komandan koramil setempat membagikan satu-satu kepada warga. Masyarakat terlihat antusias dan berkumpul untuk antre menerima dukungan makanan tersebut.

Pasiter Kodim Maybrat mengatakan pihaknya ingin membantu dan berbagi kepada warga pengungsi karena sudah satu pekan sejak kejadian penyerangan pos koramil mereka tinggal di pengungsian dan tentunya kondisi tersebut memerlukan banyak kebutuhan.

“Mereka sudah seminggu lebih meninggalkan rumah mereka, tentunya sangat memerlukan kebutuhan, terutama masalah pangan. Kami hadir di sini untuk membantu para warga tersebut," ujarnya.

Selain makanan, katanya, pihaknya berinisiatif juga memberikan bantuan pakaian karena juga sangat diperlukan, terutama untuk anak-anak. 

Sebelumnya setelah kejadian penyerangan, banyak masyarakat sekitar posramil mengungsi dengan tujuan mengamankan diri dan tinggal dengan keluarga atau sanak famili yang mereka kenal di Distrik Aitinyo.

Sementara Bupati Maybrat dalam waktu dekat akan melaksanakan pengembalian para pengungsi ke rumah masing-masing, setelah melakukan kordinasi dengan semua unsur baik dari Keamanan dan Pemda sendiri.

Pewarta: Ernes Broning Kakisina

Editor : Key Tokan A


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2021