Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manokwari, Papua Barat menetapkan dua kali pelaksanaan debat kandidat bupati dan wakil bupati di daerah tersebut pada tanggal 29 dan 31 November 2024.

Kepala Divisi Sosialisasi dan SDM KPU Manokwari Ronny Wanggai di Manokwari, Selasa, mengatakan debat kandidat dibagi menjadi lima segmen yang diperuntukkan bagi calon bupati dan wakil bupati. 

"Setiap segmen ada yang khusus bupati sendiri, wakil bupati sendiri. Kita sudah melakukan rapat dengan tim perumus, stasiun TV dan pasangan calon terkait setiap segmen yang dibawakan,” ujarnya. 

Ia mengatakan, untuk materi debat pihaknya mengambil enam tema besar sesuai dengan petunjuk teknis KPU RI no 1363 tahun 2024.

Enam tema tersebut adalah upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, upaya memajukan daerah, peningkatan pelayanan pada masyarakat, menyelesaikan persoalan daerah, menyelaraskan pembangunan daerah kabupaten Manokwari dan memperkokoh NKRI dan kebangsaan.

"Tema tersebut akan dibahas dalam dua sesi debat namun materi debat pertama berbeda dengan debat kedua," ujarnya. 

Sedangkan untuk panelis pihaknya melibatkan tiga orang panelis yaitu Rektor Universitas Papua (Unipa) Dr. Hugo Warami, Ketua Prodi Ilmu Pemerintahan Fisip Universitas Cenderawasih (Uncen) Dr. Y. Gabriel Maniagasi, S. Sos dan mantan Ketua KPU Provinsi Papua Barat Amos Atkana

Debat akan dilaksanakan di salah satu hotel di Manokwari. Sedangkan penyiaran debat, pihaknya sudah bekerjasama dengan salah satu stasiun TV nasional. 

"Untuk pelaksanaan debat di hotel, tamu undangan kita batasi hanya 150-200 orang. Sedangkan masyarakat Manokwari bisa menyaksikan debat melalui siaran langsung di TV nasional itu," ujarnya.

Pewarta: Ali Nur Ichsan

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024