Perum Bulog Cabang Manokwari, Papua Barat memastikan stok cadangan beras pemerintah (CBP) untuk lima kabupaten di Papua Barat aman hingga bulan Desember 2024.

Kepala Bulog Manokwari Armin Bandjar di Manokwari, Kamis, mengatakan pihaknya telah mengamankan setidaknya 3.300 ton beras sehingga dapat bertahan hingga akhir tahun.

"Saat ini di gudang Bulog masih ada 830 ton beras. Kemudian sementara proses bongkar di pelabuhan sebanyak 1.300 ton. Bulog Manokwari juga sudah mendapatkan penugasan logistik dari Bulog Pusat sebanyak 1.200 ton," katanya.

Ia mengatakan, stok CBP tersebut untuk kebutuhan lima kabupaten di Papua Barat yaitu Kabupaten Manokwari, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak, Teluk Wondama dan Teluk Bintuni.

Kebutuhan pokok stok beras tersebut untuk penyaluran bantuan pangan tahap III yang sudah tinggal 743 ton, penyaluran beras ASN dan TNI-Polri dan beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP).

Ia menambahkan, meski hanya memenuhi sebagian kebutuhan masyarakat, tapi kehadiran beras Bulog diharapkan mampu untuk menstabilkan harga beras di pasaran.

"Pasokan beras dari Bulog hanya memenuhi 8-10 persen dari kebutuhan beras masyarakat. Sebagian besar kebutuhan beras disediakan sektor swasta," katanya.

Pewarta: Ali Nur Ichsan

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024