PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU VII Kasim menyalurkan bantuan kepada masyarakat korban banjir di tiga distrik di wilayah Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya sebagai wujud kepedulian kemanusiaan terhadap sesama.

Pjs. Area Manager Communication, Relations, CSR, & Compliance RU VII Kasim, Bambang Imawan, di Sorong, Rabu, menjelaskan bantuan ini sebagai bukti kehadiran perusahaan di Kabupaten Sorong untuk ikut berkontribusi dalam meringankan beban penderitaan sesama.
 
“Kami tentu turut prihatin dan simpati atas musibah yang menimpa. Semoga situasi ini segera berlalu, masyarakat kembali beraktivitas normal dan roda perekonomian kembali pulih,” ucap dia.
 
Bantuan dari Kilang Kasim terdiri dari 30 paket sembako, hyegene kit, mie instan, air mineral, pampers, dan susu formal. Berbagai jenis bantuan ini diterima langsung oleh Bupati Sorong, Edison Siagian di Distrik Sayosa Timur pada 3 September 2024.
 
Tiga distrik yang terdampak banjir berdiri atas, Distrik Sayosa Timur, Maudus dan Sunook.
 
Bupati Edison Siagian mengapresiasi kepedulian Kilang Kasim yang telah menebarkan semangat kepada warga untuk pulih kembali.
 
“Kami ucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan," kata dia.
 
Pj Bupati Sorong mengakui bahwa bantuan ini sebagai bentuk kepedulian Kilang Kasim khususnya kepada masyarakat yang terkena musibah di tiga distrik sekaligus.
 
"Selanjutnya segera kami salurkan kepada mereka,” kata dia.
 
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sorong, Aminadab Lobat juga menyampaikan penghargaan atas bantuan dari Kilang Kasim.
 
“Pemerintah tentu tidak bisa melangkah sendiri, diperlukan dukungan dari stakeholder lain, salah satunya Kilang Kasim yang cukup aktif merespon bencana ini. Mari bergerak dan berdampak untuk membantu bersama,” ucapnya.
 
Tingginya curah hujan dan meningkatnya subsidensi (penurunan permukaan) tanah menjadi faktor pemicu banjir yang melanda wilayah Kabupaten Sorong khususnya Kampung Klawon, Distrik Sayosa Timur.
 
“Genangan air yang mencapai 6 meter atau setara di atas lutut orang dewasa, merendam puluhan rumah dan membuat akses transportasi terputus,” kata dia.
 
RU VII Kasim menjadi bagian dari PT KPI sebagai anak perusahaan Pertamina yang menjalankan bisnis utama pengolahan minyak dan petrokimia sesuai dengan prinsip Environmental, Social and Governance (ESG).
 
RU VII Kasim akan terus menjalankan bisnis secara profesional untuk mewujudkan visi KPI yaitu menjadi Perusahaan Kilang Minyak dan Petrokimia berkelas dunia yang berwawasan lingkungan, bertanggung jawab sosial serta memiliki tata kelola perusahaan yang baik.

 

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024