Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Barat Daya menyatakan pencalonan Elisa Kambu - Ahmad Nasrauw sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur Papua Barat Daya pada Pilkada 2024 telah memenuhi syarat.
 
Ketua KPU, Andarias Kambu, di Sorong, Kamis, menjelaskan syarat pencalonan pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Papua Barat Daya Elisa Kambu - Ahmad Nasrauw telah diterima pada Kamis (29/8/2024) setelah melengkapi satu dokumen yang belum terpenuhi.
 
"Pasangan calon ini telah mendatangi Kantor KPU Papua Barat Daya untuk mendaftar pada Rabu (28/8/2024), namun pada ada satu dokumen yang belum lengkap sehingga kita kembalikan untuk dipenuhi, akhirnya pada Kamis (29/8/2024) mereka sudah memenuhi syarat pencalonan itu dan kita sudah terima," jelas dia.
 
Dalam tahapan pendaftaran pada hari kedua, dokumen pasangan Elisa Kambu dan Ahmad Nasrauw dinyatakan tidak lengkap oleh KPU Papua Barat Daya lantaran ketidakhadiran Ketua DPW PKB Papua Barat Daya dan tandatangan syarat dukungan partai politik PKB.
 
"Kami nyatakan dokumen persyaratan calon diterima," kata, Ketua KPU Papua Barat Daya, Andarias Kambu.

Dia menyebutkan, ada tiga dokumen syarat pencalonan yang harus dilengkapi setiap pasangan calon yaitu syarat pencalonan, syarat calon dan keaslian orang Papua.

"Syarat pencalonan pasangan calon Elsa Kambu dan Ahmad Nasrauw telah memenuhi syarat minimal dukungan 10 persen dari ketiga partai politik yakni Gerindra, PAN dan PKB," beber dia.
 
Bakal calon Gubernur, Elisa Kambu mengatakan, pendaftaran sudah dilakukan dan menyangkut kekurangan persyaratan akhirnya sudah selesai tinggal menunggu proses selanjutnya.
 
"Ketua DPW PKB dan Sekretaris sudah tiba di Kota Sorong, dan kita sudah melengkapi kekurangan yang kemarin," ujarnya.
 
Pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Papua Barat Daya ini mendapatkan tiga dukungan partai politik yakni Gerindra, PAN dan PKB.
 
Elisa Kambu menegaskan bahwa dirinya maju pada pilkada Papua Barat Daya ini untuk menjadi Gubernur terpilih, bukan ingin coba-coba.
 
"Saya datang ke sini untuk jadi Gubernur, bukan untuk coba-coba," ucapnya.
 
Ketua DPW PKB Papua Barat Daya, Abdullah Gazam mengklarifikasi terkait ketidakhadirannya saat pendaftaran Elisa Kambu - Ahmad Nasrauw.
 
Dia mengatakan, ketidakhadirannya dikarenakan masalah teknis sehingga terlambat tiba di Kota Sorong. Kendati demikian, pada prinsipnya PKB Papua Barat Daya tetap berkomitmen mendukung Paslon Elisa Kambu dan Ahmad Nasrauw.
 
"Kami tetap semangat dan komitmen mendukung Elisa Kambu dan Ahmad Nasrauw," kata Gazam.
 

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024