Komisi Pemilihan Umum (KPU), Sorong Selatan (Sorsel), Papua Barat Daya, menyosialisasikan tahapan pemilihan kepala daerah kepada masyarakat di Distrik Teminabuan.

Komisioner KPU Sorsel, Divisi pendidikan pemilihan, partisipasi masyarakat dan sumber daya manusia (SDM), Ester Homer, di Teminabuan, Rabu, mengatakan, sosialisasi yang dilakukan dalam bentuk pembagian brosur.

"Ini merupakan upaya menyampaikan kepada masyarakat bahwa tahapan pemilihan kepala daerah telah berjalan. Hingga saat ini tahapan yang sedang berlangsung yakni pemutakhiran data pemilih dan akan memasuki tahapan pencalonan," kata Ester.

Ia mengatakan, KPU Sorsel melakukan sosialisasi dalam bentuk pembagian brosur kepada masyarakat, ini adalah bagian dari KPU menyampaikan kepada masyarakat bahwa tahapan pemilihan gubernur dan wakil gubernur dan bupati dan wakil bupati sudah berjalan.

Ester mengatakan, selain pemilihan bupati dan wakil bupati, masyarakat harus diberikan pemahaman terkait pemilihan gubernur dan wakil gubernur sehingga perlu adanya sosialisasi agar masyarakat dapat menyampaikan hak suara untuk memilih calon pemimpin yang terbaik bagi kemajuan Provinsi Papua Barat Daya.

“Kami juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar masyarakat tahu bahwa nanti pada tanggal 27 November itu ada pemilihan gubernur dan bupati, sehingga masyarakat tahu dan siap, sehingga mereka nanti menggunakan hak suara mereka untuk memilih pemimpin yang terbaik bagi Provinsi Papua Barat Daya tetapi juga bagi Sorsel,” kata Ester.

Ester juga mengajak masyarakat untuk memastikan dirinya terdaftar sebagai pemilih dalam pilkada yang akan berlangsung.

“Harapan kami melalui sosialisasi masyarakat kemudian memastikan diri dulu untuk terdaftar sebagai pemilih, kemudian pada tanggal 27 November semua boleh hadir di TPS dimana dia terdaftar untuk merepresentasikan hak suara,” ucap Ester.
Ia mengungkapkan, kegiatan serupa akan dilaksanakan di semua distrik sesuai korwil masing-masing dalam bentuk pembagian brosur,  juga tatap muka bersama masyarakat, dengan melibatkan anggota Panitia Pemilihan Distrik (PPD).

“Hari ini kegiatan fokus di distrik Teminabuan sebagai ibu kota kabupaten dan jumlah pemilih yang tersebar disini juga banyak, kami laksanakan di pertigaan Wernas, Pasar Kajase dan Pasar Ampera. Ada jadwal nanti kami juga melakukan sosialisasi yang sama tetapi di masing-masing distrik sesuai dengan korwil kami masing-masing dengan bentuk pembagian brosur tetapi juga muka langsung dengan masyarakat," kata Ester.
 

Pewarta: Paulus Pulo

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024