Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Sorong, Papua Barat Daya menggandeng Komunitas Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) Sorong Raya (Kompas Raya) menggelar senam sehat guna meningkatkan kualitas hidup sehat di wilayah itu.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sorong Pupung Purnama di Sorong, Minggu, menjelaskan senam bersama ini merupakan satu upaya strategis menjaga kesehatan sekaligus meningkatkan imunitas tubuh supaya tetap sehat.

Dia mengaku senang melihat antusiasme dan semangat dari seluruh peserta. Walaupun rata-rata berusia lanjut, tapi hal tersebut tidak menjadi halangan bahkan mereka terlihat lebih semangat dari yang masih muda-muda.

“Harapan kami, Kompas Raya akan menjadi panutan dari Papua untuk Indonesia yang lebih sehat," katanya.

Menurut dia, gerakkan hidup sehat ini butuh kolaborasi dan partisipasi dari seluruh pihak dengan mengajak dan menyosialisasikan pola hidup sehat kepada keluarga, kerabat, dan teman, karena lebih baik mencegah daripada mengobati.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota Sorong Hermanus Kalasuat memberikan apresiasi kepada BPJS Kesehatan yang terus berkomitmen dalam penyelenggaraan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Pihaknya menyambut baik dan memberikan dukungan penuh terhadap setiap kegiatan edukasi masyarakat akan pentingnya JKN, termasuk kegiatan Prolanis saat ini bersama Kompas Raya.

"Kegiatan ini sesuai amanat Undang-Undang dan Peraturan Presiden Nomor 82 tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan," katanya.

Pemerintah, kata dia, berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh, karena komunitas ini mendukung pemanfaatan Prolanis baik dari segi pelayanan, kesehatan dan peningkatan angka harapan hidup, serta dapat menjadi sarana aspirasi dalam perbaikan maupun peningkatan layanan kesehatan se-Sorong Raya khususnya di Kota Sorong.

"Momen ini sudah sangat tepat. Selepas pandemi sudah seharusnya kita lebih aktif dalam menjalankan hidup sehat seperti olahraga ini. Penyakit-penyakit harus kita cegah apalagi banyak dari kita yang akan atau sudah memasuki usia rentan," ujarnya.

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024