Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manokwari, Provinsi Papua Barat gandeng bawaslu dan pihak kepolisian mengawal dan mengamankan logistik surat suara Pemilu 2024 yang telah tiba di Kantor KPU Manokwari.

Ketua KPU Manokwari, Christin R Rumkabu di Manokwari, Kamis, mengatakan, KPU Manokwari telah menerima logistik surat suara untuk pemilihan presiden dan DPD RI, masing-masing sebanyak 141.191 lembar.

“Jumlah itu untuk surat suara di 673 tps di Kabupaten Manokwari. Surat suara berdasarkan jumlah daftar pemilih tetap (dpt) Manokwari 138.128 ditambah cadangan dua persen sebanyak 3.063,” katanya.

Ia menjelaskan, Kantor KPU Manokwari hari ini dijaga ketat puluhan personel dari Brimob, Polda Papua Barat dan Polresta Manokwari karena dijadikan tempat transit logistik surat suara untuk kabupaten lain di Provinsi Papua Barat.

“Logistik surat suara ini dibawa dari pelabuhan kemudian di bawa ke Kantor KPU Manokwari untuk pembongkaran dengan pengawalan ketat polisi,” jelasnya.

Ia mengatakan, surat suara yang sudah diterima KPU Manokwari akan disimpan di gudang logistik bersama logistik lain yang sudah diterima tahun 2023 seperti kotak suara, bilik suara, tinta, paku, bantalan dan dokumen kelengkapan teknis lainnya.

Menurutnya, logistik yang belum diterima KPU Manokwari tinggal surat suara pemilihan legislatif. Berdasarkan koordinasi dengan KPU Provinsi Papua Barat, logistik surat suara pileg paling lambat diterima tanggal 15 Januari 2024.

Ia menambahkan, setelah semua logistik surat suara diterima, KPU Manokwari akan melibatkan masyarakat untuk melakukan pelipatan surat suara berdasarkan kuota yang sudah ditentukan.

“Kami sangat mengharapkan partisipasi masyarakat. Tentu ada proses administrasi dan seleksi yang dilakukan. Kita harus pastikan masyarakat yang mau dan bertanggung jawab melipat surat suara. Sehingga pelipatan suara bisa aman dan terus dalam pengawasan KPU, bawaslu ada aparat kepolisian,” jelasnya.

Pewarta: Ali Nur Ichsan

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024