Pemerintah Provinsi Papua Barat serahkan hibah lahan seluas 4 hektare senilai Rp16 Miliar untuk pembangunan gedung Pusat Pemberdayaan Pemuda Papua atau Papua Youth Cretive Hub (PYCH) kepada Badan Intelijen Negara (BIN) di Manokwari.

Hibah lahan tersebut dilakukan oleh Penjabat Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw kepada Kepala BIN Daerah Brigadir Jenderal TNI TSP. Silaban, disela-sela pelaksanaan Musrembang RKPD Papua Barat Tahun 2024, Kamis.

Waterpauw menyebutkan, tujuan Pembangunan Pusat Pemberdayaan Pemuda di Papua Barat untuk mencetak anak Papua yang produktif, mandiri, dan berdaya saing tinggi di Indonesia dan berkontribusi di segala lini untuk membangun Indonesia dari Papua.

"Bangunan akan dilengkapi dengan fasilitas indoor dan outdoor seperti tempat produksi, studio. guna pengembangan minat, bakat, kreativitas dan inovasi anak muda di Papua Barat," kata Gubernur.

Ketua Umum Papua Youth Cretive Hub Simon Tabuni menjelaskan, kehadiran gedung tersebut di Papua Barat merupakan hadiah yang diberikan oleh presiden kepada pergerakan ekonomi, sosial budaya dan kesehatan yang dilakukan anak muda Papua.

"Kami pemuda di Manokwari mengucapkan banyak terima kasih atas hadiah dari Bapak Presiden, Kami juga berbangga atas pendampingan yang dilakukan oleh BIN sehingga program yang kami laksanakan bisa berjalan lancar," sebut Simon.

Selanjutnya, Simon berharap dalam proses pembangunan yang ditangani oleh BIN bisa berjalan dan selesai sesuai rencana, sehingga bisa segera dimanfaatkan oleh pemuda di Papua Barat.

"Pada peresmian PYCH di Jayapura beberapa waktu lalu, Presiden berjanji akan meresmikan langsung gedung PYCH Papua Barat," tandas dia.

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah meresmikan langsung Gedung Papua Youth Creative Hub di Kota Jayapura Provinsi Papua pada 21 Maret 2023 lalu, Gedung dan bangunan serupa juga akan di hadirkan di Provinsi Papua Barat.
 

Pewarta: Tri Adi Santoso

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023