Manokwari,(Antara Papua Barat)-Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat, menginginkan jaringan telekomunikasi merambah seluruh kampung.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Max Morin di Manokwari, Sabtu mengatakan, jaringan telekomunikasi saat ini baru dapat dinikmati di tiga disatrik yakni Wasior sebagai pusat kabupaten, Rasie sebagai pusat pemerintahan dan Wondiboy yang letak berdekatan dengan dua distrik tersebut.

"Masih ada 75 kampung yang tersebar di sembilan distrik Teluk Wondama. Di sana sama sekali tidak ada jaringan telekomunikasi," kata Max.

Ia bersyukur pada program Palapa Ring Paket Timur yang dilaksanakan Kementerian Komunikasi dan Informatika tahun Wondama menjadi salah satu daerah yang akan mendapat jatah pemasangan kabel serat optik.

Pihaknya berharap, kehadiran program palapa Ring tersebut dapat memacu pertumbuhan pembangunan di daerah tersebut.

Pada kunjungan Menteri Kominfo Rudiantara di Manokwari, Jumat, Max meminta pemerintah pusat juga mendorong pemasangan tower Base Transceiver station (BTS) yang cukup untuk seluruh kampung di daerah itu dapat mengakses jaringan.

"Kami punya potensi pariwisata cukup bagus dan tersebar dihampir seluruh kampung. Potensi tersebut, sulit berkembang karena fasilitas dan infrastruktur pendukung belum siap," ujarnya.

Dia mengutarakan, saat bupati dan wakil Bupati Teluk Wondama sedang menyiapkan pengembangan sektor pariwisata. Kehadiran infratruktur telekomunikasi sangat diharapkan untuk memacu kehadiran wisatawan.

"Baru tiga distrik yang mengaksea jaringan, tapi jaringan yang ada saat ini pun belum sebagus yang kita harapkan," ujarnya lagi.(*)

Pewarta: Toyiban

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2017