Sorong,(Antara Papua Barat)-Kementerian Perdagangan menjamin harga serta stok bahan pokok atau bapok di wilayah Provinsi Papua Barat menjelang Hari Raya Natal 2019 terkendali.

Staf Ahli  Menteri Perdagangan Bidang Pengamanan Pasar, Sutriono Edi di Sorong, Jumat, mengatakan pemerintah terus berupaya menjaga stabilitas harga dan pasokan barang kebutuhan pokok (bapok) menghadapi Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN). 

Kemendag terus bersinergi dengan pemerintah daerah dan instansi-instansi terkait untuk memastikan harga dan pasokan terjaga dengan baik. 

Siang ini (Jumat 7/12), ia akan menghadiri Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) di Sorong. Pertemuan itu akan membahas ketersediaan pasokan dan stabilisasi harga Bapok menjelang Natal dan tahun baru.

“Pemerintah siap menyambut Natal dan Tahun Baru, serta menjamin ketersediaan pasokan bahan pokok di seluruh wilayah di Indonesia. Tidak perlu ada kekhawatiran dari masyarakat," kata Sutriono Edi.

Pemerintah, lanjut Sutriono, siap untuk memenuhi kebutuhan bahan pokok masyarakat. Pemerintah akan terus memastikan stabilisasi harga dan ketersediaan pasokan dalam menghadapi hari besar keagamaan.

Menurutnya, Rakorda merupakan upaya pemerintah menjamin ketersediaan pasokan dan stabilitas harga pada level yang terjangkau. Melalui Rakorda, pemerintah mengawal kesiapan instansi terkait dan para pelaku usaha bapok, terutama untuk menghindari terjadinya kenaikan harga, kekurangan stok/pasokan dan gangguan distribusi.

"Rakor hari ini di Sorong merupakan bagian dari rangkaian Rakor dalam menghadapi HBKN. Sebelumnya, bapak Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita memimpin rakor serupa di Batam, Kepulauan Riau," ujarnya lagi.

Kemendag juga telah melakukan Rakorda di Pontianak, Bandung, Palangkaraya, Kupang, Yogyakarta, Medan, Bali, dan Solo. Rakorda yang melibatkan pemerintah daerah, instansi terkait serta para stakeholder membahas kondisi pasokan serta kesiapan pemerintah daerah dan pelaku usaha menghadapi potensi kenaikan permintaan mulai dari pengadaan, distribusi, dan langkah stabilisasi yang akan dilakukan. 
 

Pewarta: Toyiban

Editor : Key Tokan A


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2018