Manokwari,(Antaranews Papua Barat)-Pemerintah Provinsi Papua Barat tahun ini membangun jalan di sejumlah kabupaten untuk meningkatkan daya ungkit perekonomian mayarakat.

Gubernur  Papua Barat, Dominggus Mandacan di Manokwari, Jumat, mengatakan, pembangunan infrastruktur jalan masih menjadi salah satu prioritas pemerintah daerah. Selain memacu pertumbuhan ekonomi, hal ini juga untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dan pendidikan.

"Isolasi antar daerah itu harus dibuka, supaya semua potensi bisa dikelola dan dan dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat," kata Dominggus.

Pemprov Papua Barat lanjut Gubernur, pada tahun 2018 membangun jalan di Manokwari, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak, Tambrauw, Teluk Wondama, Kaimana, Fakfak, serta Teluk Bintuni.

Tahun depan, pembanguna akan dilaksanakan di ruas jalan Aifat Timur menuju Muskona Utara. Kedepan, ruas ini akan dilanjutkan agar bisa tembus ke Testega Kabupaten Pegunungan Arfak). 

Mandacan meyakini, pembangunan mampu menunjang pertumbuhan ekonomi baru. Sektor swasta diharapkan terus menggeliat melalui pembangunan infrastruktur tersebut.
                
"Kami juga bersyukur, pemerintah pusat memberi perhatian serius bagian pembangunan jalan nasional dan jalan trans di Papua Barat. Sejak beberapa tahun terakhir ini pembangunan terus dipercepat," kata Dominggus lagi.

Ruas jalan Sorong-Maybrat-Manokwari, kata dia, sudah berhasil ditembus. Begitu pula Manokwari-Teluk Wondama hingga daerah perbatasan Papua dan Papua Barat.

"Tinggal peningkatan, sudah cukup jauh yang sudah diaspal tinggal beberapa titik saya kini sedang di kejar sama Bapak Pelaksana Jalan Nasional (BPJN)," kata dia lagi.

Menurut gubernur, manfaat langsung  dari pembangunan jalan di wilayahnya sudah terlihat. Perkampungan baru mulai tumbuh di sepanjang jalan trans Papua Barat dan sektor ekonomi di wilayah ini pun mulai menggeliat.

Pewarta: Toyiban

Editor : Key Tokan A


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2018