Waisai, (Antaranews Papua Papua Barat) -Komandan Kodam XVIII/Kasuari Mayor Jenderal TNI Joppye Onesimus Wayangkau meresmikan gedung dan melantik Komandan Kodim 1805 Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, Senin.

Pandam XVIII/Kasuari melantik Letnan Kolonel Yosep Paulus Kaiba putra Papua sebagai komandan pertama Komando Distrik Militer 1805 Kabupaten Raja Ampat.

Mayor Jenderal TNI Joppye Onesimus Wayangkau mengatakan, pembentukan Kodim 1805 Kabupaten Raja Ampat berdasarkan keputusan Kepala Staf TNI Angkatan Darat guna  mewujudkan rencana strategi pengembangan Kodam Kasuari. 

Dia mengatakan, Kodim Raja Ampat merupakan satuan baru yang dibangun di wilayah  Korem 171/Praja Vira Tama. Kodim Raja Ampat merupakan Kodim yang dipisahkan dari Kodim Sorong dengan wilayah binaan Kabupaten Raja Ampat.

Kodim ini, kata dia, mempunyai tugas pokok sebagai satuan komando kewilayahan yang menyelenggaraan  pembinaan teritorial dan menyiapkan pertahanan darat dalam rangka mendukung tugas pokok Korem 171/Praja Vira Tama.

Wilayah Kodim Raja Ampat meliputi 24 Distrik yang tersebar di wilayah kepulauan yang merupakan tantangan terbesar dalam menjalankan tugas.

Karena itu, dia berharap Komandan Kodim Raja Ampat memahami tugas pokok dan menata satuan baru tersebut agar tidak membutuhkan waktu yang lama untuk dapat beroperasional sebagaimana Kodim lainnya di Indonesia.

Keberadaan Kodim ini harus segera diikuti dengan penataan fasilitas dan perlengkapan yang menjadi tanggungjawab komandan satuan. Harus membenahi, melengkapi, merawat dan menjaga perlengkapan yang dipertanggungjawabkan  kepada satuan tersebut.

"Saya ingatkan kepada Komandan Kodim untuk melakukan kerja sama dengan pemerintah daerah dan semua pihak terkait di daerah agar semua tugas dapat berjalan dengan baik," ujarnya.

Dengan diresmikan Kodim Raja Ampat yang membawahi empat koramil diharapkan Komandan Korem 171/Praja Vira Tama dapat mengendalikan dan mengawasi operasional satuan tersebut dengan baik agar Kodim baru ini dapat mewujudkan harapan komando atas sebagai satuan komando kewilayahan dan dapat berkontribusi bagi kemajuan pembangunan Raja Ampat.

"Saya berharap pemerintah, tokoh adar, tokoh agama, tokoh perempuan, tokoh pemuda dan seluruh komponen masyarakat Kabupaten Raja Ampat dapat mendukung Kodim 1805 agar dapat melaksanakan tugas membantu pemerintah demi kesejahteraan masyarakat," tambah dia.(*)

Pewarta: Ernes Broning Kakisina

Editor : Ernes Broning Kakisina


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2018