Kampung Arborek, Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, meraih juara dua kategori daya tarik wisata pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Penghargaan dan hadiah sebagai juara dua ADWI 2021 dengan tema "Untuk Indonesia Bangkit" diserahkan Tim Kemenparekraf kepada Perwakilan Pokdarwis Kampung Arborek, Raja Ampat Githa Anathasia di Jakarta, Selasa malam.

Githa Anathasia mengatakan bahwa pendaftaran dan penilaian ADWI 2021 telah berlangsung sejak awal juli 2021 dengan diikuti 1.831 desa wisata dari 34 provinsi di Indonesia.

Dia mengatakan bahwa setelah melalui seleksi yang ketat, Kampung Arborek kemudian terpilih menjadi 50 desa wisata terbaik berkelas dunia, berdaya saing, dan berkelanjutan.

Kampung Arborek juga mendapat penghargaan dengan dikunjungi langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno pada 27 Oktober 2021.

"Mas Menteri menyelam di laut Kampung Arborek dan mengagumi keindahan alam bawah laut dan kearifan lokal masyarakat setempat," katanya.

Ia mengatakan bahwa setelah melalui proses penilaian yang panjang selanjutnya Kampung Arborek masuk 16 besar desa wisata tersertifikasi berkelanjutan.

Kemudian hari ini, katanya, Kampung Arborek, Kabupaten Raja Ampat, terpilih sebagai juara dua kategori daya tarik wisata pada ADWI 2021.

"Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu selama proses penilaian ADWI 2021 berlangsung. Terima kasih pula kepada masyarakat Arborek yang mendukung proses penilaian. Juara ini kebanggaan kita semua dan nama baik Raja Ampat," tambah dia.

Pewarta: Ernes Broning Kakisina

Editor : Key Tokan A


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2021