Pertamina RU VII Kilang Kasim membantu alat oksigen konsentrator bagi Puskesmas Seget  kabupaten Sorong menolong pasien anak bayi yang sudah dehidrasi berat, sesak dan butuh oksigen.

Perwakilan Puskesmas Seget dr. Nur Asih di Sorong, Minggu, mengatakan bahwa tadi malam pihaknya menangani pasien anak bayi yang sudah dehidrasi berat sesak dan butuh oksigen, namun stok oksigen di Puskesmas tersebut kosong.

"Kami langsung berkoordinasi dengan rekan kami di Pertamina RU VII kasim, puji tuhan respon yang sangat cepat, sehingga pasien mendapatkan pertolongan dengan alat oksigen konsentrator," ujarnya.

Menurut dia, ketersediaan oksigen di Puskesmas sedang kosong, maka dengan alat oksigen konsentrator bantuan Pertamina RU VII Kasim ini diharapkan dapat mempermudah kerja tenaga medis untuk memenuhi kebutuhan oksigen bagi pasien COVID-19 atau keperluan lain di Puskesmas Seget.

Cara operasi alat ini, kata dia, yaitu dengan mengumpul oksigen yang ada di sekitar, Lalu menyalurkan melalui selang untuk digunakan bagi pasien yang alami sesak napas.

"Jadi tidak perlu melalui tabung oksigen lagi karena dengan alat ini bisa langsung mendapatkan oksigen, sehingga nanti jika Puskesmas Seget membutuhkan alat ini, maka kami akan berkoordinasi seperti yang selama ini kami lakukan dengan Pertamina RU VII kilang kasim."ujarnya.

Manager Comunication Relation dan CSR Pertamina RU VII Kasim, Dodi Yapsenang yang memberikan keterangan terpisah, mengatakan tadi malam 28 Agustus 2021 pihaknya mendapat permintaan mendadak dari Puskesmas Seget Seget terkait adanya pasien balita yang kritis, sehingga kami koordinasikan dengan klinik kami untuk menyerahkan alat oksigen tersebut membantu secara cepat pasien yang kritis itu.

Dia mengatakan bahwa Pertamina RU VII Kasim memiliki empat unit alat oksigen konsentrator yang merupakan bantuan dari Pertamina pusat untuk operasional Pertamina RU VII kasim.

Menurutnya, alat oksigen tersebut guna penunjang kesehatan untuk seluruh pekerja, mitra kerja yang berada di lingkungan Pertamina RU VII kasim yang berada di klinik kilang kasim.

"Namun juga dapat digunakan untuk masyarakat di sekitar wilayah kerja perusahaan yang membutuhkan seperti tadi malam ada permintaan mendadak dari Puskesmas Seget terkait adanya pasien balita yang kritis, sehingga kami koordinasikan dengan klinik kami untuk menyerahkan alat oksigen tersebut membantu secara cepat pasien yang kritis," ujarnya.

Diharapkan dengan keberadaan alat mampu menurunkan kasus bahkan menekan angka kematian akibat COVID-19 maupun keperluan kesehatan lainnya di Distrik Seget.

"Komitmen kami atas isu ketahanan kesehatan, kegiatan ini akan terus digalakkan untuk membantu masyarakat. Alat ini selalu tersedia di klinik Pertamina  RU VII kasim untuk keperluan maintenance, dan siap digunakan untuk keperluan pekerja dan juga  masyarakat yang membutuhkan." tambah dodi yapsenang.

Pewarta: Ernes Broning Kakisina

Editor : Key Tokan A


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2021