Komisi Pemilihan Umum Kota Sorong, Papua Barat Daya, melibatkan 260 orang warga setempat dalam pelipatan surat suara untuk Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024 di wilayah itu.

Pelaksana Harian Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sorong Indra Hafidz Saragih di Sorong, Rabu, menjelaskan lembaganya telah menerima 426 ribu lembar surat suara untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur serta pemilihan wali kota dan wakil wali kota pada Pilkada 2024.

"Kemudian kita lanjutkan pelipatan surat suara dengan melibatkan masyarakat setempat sebanyak 260 orang," jelas Indra di sela meninjau kegiatan pelipatan surat suara di Gedung Sirambe, Kota Sorong.

Indra menjelaskan total surat yang diterima sebanyak 213 koli, yang dalam satu koli terdapat 2.000 lembar surat suara, dengan rincian 106 koli merupakan surat suara untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur. Kemudian 107 koli surat suara untuk pemilihan wali kota dan wakil wali kota.

"Itu sudah termasuk surat suara cadangan untuk pemungutan suara ulang. Ini yang kita lipat saat ini," katanya.

Indra menambahkan proses pelipatan ribuan surat suara pilkada diperkirakan rampung pada tengah malam nanti.

"Kegiatan melipat surat suara juga turut diawasi langsung anggota Bawaslu dan aparat kepolisian guna memastikan proses pelipatan itu berjalan lancar, aman dan tanpa kendala," tambahnya.

Pada tahapan pelipatan surat suara itu juga dihadiri dan disaksikan Penjabat Wali Kota Sorong Benhard Rondonuwu bersama jajarannya, sebagai bentuk tanggung jawab terhadap pelaksanaan tahapan pilkada di wilayah itu berjalan aman dan lancar.

Indra memberikan apresiasi kepada masyarakat yang ikut terlibat dan berkontribusi dalam tahapan dan proses Pilkada 2024 ini.

"Dengan keterlibatan masyarakat dalam proses ini, tentu akan memudahkan kita dalam melaksanakan pesta demokrasi pada 27 November mendatang," ujarnya.

Ia berharap masyarakat dapat melipat surat suara dengan cermat dan teliti supaya tidak sampai merusak mengingat surat suara tersebut merupakan bagian dari dokumen negara yang harus dijaga dengan hati-hati.

KPU Kota Sorong, telah menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) Pemilihan Kepala Daerah 2024 dengan jumlah pemilih sebanyak 205.412 orang, terdiri atas 106.366 orang laki-laki dan 99.046 orang perempuan yang tersebar di 41 kelurahan dan 10 distrik.

KPU juga telah menetapkan empat pasangan calon wali kota dan wakil wali kota yang berlaga pada Pilkada 2024, yakni nomor urut 1 Petronela Kambuaya-Hermanto Suaeb, nomor urut 2 Septinus Lobat-Anshar Karim, nomor urut 3 Abner Reinal Jitmau-Muhammad Said, dan nomor urut 4 Auguste C.R. Sagrim-Syaiful Maliki Arief.
 

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024