Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manokwari, Papua Barat memberikan fasilitas bahan kampanye dan alat peraga kampanye (APK) kepada kedua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Manokwari.

Kepala Divisi Teknis dan Penyelenggara KPU Manokwari Sidarman di Manokwari, Selasa, mengatakan pihaknya menggelontorkan anggaran Rp1 miliar untuk memfasilitasi kegiatan kampanye pasangan calon Pilkada di Manokwari.

"Kita juga memberikan fasilitas lain seperti pengadaan debat kandidat sehingga para paslon dapat menyampaikan visi dan misi mereka," ujarnya.

Ia mengatakan, ada empat jenis bahan kampanye yaitu brosur, poster, pamflet, dan selebaran yang difasilitasi KPU untuk diserahkan kepada dua pasangan calon bupati dan wakil di Manokwari yaitu Bernard Boneftar-Eddy Waluyo (BERBUDI) dan Hermus Indou-Mugiyono (HERO).

Setiap pasangan calon menerima bahan kampanye secara kumulatif separuh dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT). Dimana jumlah DPT Manokwari sebanyak 133.412 sehingga setiap pasangan calon menerima 66.706 bahan kampanye. 

"Bahan kampanye sudah kita bagikan pada tim pemenangan paslon sejak minggu lalu, mereka sudah bagi-bagikan ke para pendukungnya," ujarnya.

Sedangkan untuk APK ada tiga jenis yang difasilitasi oleh KPU Manokwari yaitu baliho, umbul-umbul dan spanduk. Tidak hanya mencetak APK, KPU juga memfasilitasi pemasangan APK. 

Berdasarkan aturan, KPU Manokwari membuat lima baliho, 180 poster dan 180 umbul-umbul untuk masing-masing pasangan calon, Poster dan dibagikan ke sembilan distrik (kecamatan) di Manokwari, atau tiap distrik mendapat masing-masing 20 poster dan umbul-umbul.

"Untuk APK baru tiba kemarin pagi. Untuk titik-titik pemasangannya, karena kita yang pasang maka kita harus koordinasikan dulu dengan tim dari tiap paslon dan Bawaslu," ujarnya.

Pewarta: Ali Nur Ichsan

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024