Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manokwari, Papua Barat merekrut 20 relawan demokrasi (Relasi) untuk mengejar partisipasi pemilih capai 90 persen pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) di daerah tersebut. 

Kepala Divisi Sosialisasi dan SDM KPU Manokwari Ronny Wanggai di Manokwari, Selasa, mengatakan 20 anggota relasi bertugas selama dua bulan dari 7 Oktober hingga 7 Desember 2024.

"Pada Pemilu 2024, partisipasi pemilih di Kabupaten Manokwari mencapai 87 persen. Sedangkan target pemilih kita pada Pilkada mencapai 90 persen," ujarnya.

Pihaknya optimis dengan perekrutan 20 anggota Relasi tersebut dapat meningkatkan partisipasi pemilih hingga dapat mencapai target 90 persen.

Tugas Relasi adalah melakukan sosialisasi pada masyarakat terkait pelaksanaan Pilkada seperti mengajak masyarakat tidak golput, mengenalkan visi misi pasangan calon, mengajak masyarakat cek DPT online, hingga memberi informasi terkait dengan domisili pemilih. 

"Mereka juga menerima aduan jika ada masyarakat yang berdomisili di luar Manokwari maupun Provinsi Papua Barat. Mereka akan mengarahkan masyarakat untuk berkoordinasi dengan KPU," ujarnya.

Dalam melakukan sosialisasi, 20 anggota Relasi dibagi menjadi lima segmen yaitu segmen marginal, segmen perempuan, segmen komunitas, segmen keagamaan dan segmen pemilih pemula.

Menurutnya, ke-20 Relasi telah melaksanakan tugas-tugasnya dengan baik, mereka tidak hanya melakukan sosialisasi pada kelompok masyarakat sesuai segmen, mereka juga melakukan sosialisasi secara individual setiap harinya.

"Meski kita hanya memberikan satu kali bimbingan teknis pada mereka, tapi sejak dilantik 7 Oktober setiap hari mereka terus mengimbau dan mengajak masyarakat untuk memilih pada 27 November 2024," ujarnya.

Pewarta: Ali Nur Ichsan

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024