Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sorong Papua Barat Daya Pupung Purnama mengatakan Program Rencana Pembayaran Bertahap (REHAB) merupakan salah satu solusi konkret untuk mempermudah peserta dalam mengaktifkan status kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).
 
"Program ini hadir untuk memberikan keringanan bagi peserta Program JKN segmen Pekerja Bukan Penerima Upah -PBPU- dan Bukan Penerima Upah -BP- yang memiliki kendala pembayaran iuran," katanya di Sorong, Kamis.
 
Menurut dia, program ini menjadi solusi untuk mengatasi rendahnya tingkat keaktifan peserta PBPU yang disebabkan oleh tingginya jumlah tunggakan iuran. Dengan Program REHAB, peserta dapat melakukan pembayaran iuran secara bertahap, sehingga tidak perlu melunasi seluruh tunggakan secara sekaligus.
 
"Tujuannya adalah mengurangi beban finansial yang dirasakan peserta dan meningkatkan kembali tingkat keaktifan mereka dalam program JKN," ujarnya.
 
Sasaran utama dari Program REHAB adalah peserta PBPU dari semua kelas yang memiliki tunggakan iuran dari empat hingga 24 bulan.
 
Dia menjelaskan, untuk kanal pembayaran, BPJS Kesehatan juga telah menyediakan berbagai kanal yang mudah diakses seperti bank, ATM, internet banking, E-Commerce, serta minimarket yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.
 
"Bersama mitra terkait, kami memberikan kemudahan berupa cicilan sehingga peserta tidak perlu khawatir tentang beban keuangan yang berat,” kata Pupung.
 
Pendaftaran untuk Program REHAB dapat dilakukan dengan mengunjungi kantor BPJS Kesehatan terdekat, atau melalui Aplikasi Mobile JKN. Untuk pendaftaran melalui Aplikasi Mobile JKN, peserta harus mengunduh aplikasi kemudian memilih Menu Pembayaran Tunggakan Bertahap. Setelah itu, peserta dapat memasukkan jangka waktu pembayaran yang diinginkan.
 
"Sistem akan secara otomatis mensimulasikan besaran tunggakan yang harus dibayar, berdasarkan pilihan jangka waktu yang dimasukkan," ujarnya.
 
Dalam proses ini, katanya, peserta juga tidak dikenakan biaya tambahan atau bunga, dan status kepesertaan akan aktif kembali setelah seluruh tunggakan dan iuran bulan berjalan dilunasi.
 
“Selain melalui kanal di atas, untuk wilayah Sorong dan sekitarnya, peserta juga dapat mendaftar Program REHAB melalui whatsapp di Nomor: 08117182260," ujarnya.

Program ini diharapkan dapat meningkatkan kepesertaan dan mendukung keberlanjutan program JKN dengan cara yang lebih inklusif dan fleksibel.
 

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024