Pemerintah Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat menyumbang 120 ekor sapi untuk perayaan hari raya kurban Idul Adha 1445 Hijriah.

"Bantuan hewan kurban ini diperuntukkan bagi seluruh masjid, mushola, ormas Islam maupun lembaga pemerintah di wilayah perkotaan hingga pedalaman," kata Bupati Manokwari Hermus Indou saat menyerahkan sapi kurban di Masjid Al Ikhlas, Kodim 1801/Manokwari, Ahad.

Hermus mengatakan Pemkab Manokwari berkomitmen dan konsisten untuk terus memberikan pelayanan secara utuh dan menyeluruh pada seluruh umat beragama tanpa terkecuali umat Islam.

Menurutnya, umat Islam telah berkontribusi nyata dalam pembangunan sehingga Pemkab Manokwari harus memberi apresiasi dengan pemberian bantuan hewan kurban. Diharapkan umat Islam terus berpartisipasi dalam setiap aspek pembangunan di Manokwari.

Ia mengatakan, pemberian bantuan kurban juga diberikan untuk meningkatkan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Manokwari.

Melalui pembelian hewan kurban dapat meningkatkan perekonomian peternak sapi di Manokwari dan berimbas pada perputaran uang pada warga masyarakat.

"Hari raya kurban atau Idul Adha juga sebagai sarana untuk meningkatkan tali persaudaraan. Nantinya hewan kurban pasti tidak hanya dinikmati umat Islam tapi juga dinikmati warga dari agama lain. Semua umat beragama di Kabupaten Manokwari adalah satu saudara," katanya.
Bupati Manokwari Hermus Indou (kemeja biru) bersama perwakilan ormas Islam menyerahkan secara simbolis bantuan sapi kurban pada dewan kemakmuran masjid (DKM) di Manokwari, Minggu (16/6/2024). (ANTARA/Ali Nur Ichsan)


Sekretaris PHBI Manokwari Purnomo mengatakan hewan kurban dari umat Muslim di Manokwari berjumlah 400 sapi dan 12 kambing. Dengan ditambah bantuan dari Pemkab Manokwari maka total hewan kurban berjumlah 520 ekor sapi.

Bantuan hewan kurban tersebut akan diserahkan pada masjid maupun mushola terutama lembaga-lembaga yang belum mendapat sapi kurban seperti Lapas Kelas IIB Manokwari dan Lapas Perempuan dan Anak Manokwari.

"Dengan adanya bantuan hewan kurban dari Pemkab Manokwari maka hari raya kurban di Manokwari menjadi semakin semarak. Semua berkat kepedulian dari pemerintah terhadap umat Islam," katanya.

Ia menjelaskan pada pelaksanaan Shalat Idul Adha di Manokwari ada 22 titik yang dikoordinir oleh PHBI dan 90 titik penyembelihan hewan kurban.

"Karena saat ini cuaca di Manokwari sedang sering hujan maka ada beberapa masjid yang mengadakan Shalat Idul Adha secara mandiri namun imam dan khatibnya bukan kita yang menentukan," katanya.*

Pewarta: Ali Nur Ichsan

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024