Program Studi (Prodi) Agribisnis Universitas Werisar (Unsar) dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel), Papua Barat Daya menandatangani Implementation of Arrangement (IA) untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pengamanan daerah setempat.

Sekretaris Prodi Agribisnis Unsar, Sri Anggasari Makatita di Teminabuan, Sabtu, mengatakan penandatanganan ini menjadi tindak lanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) yang sebelumnya telah disepakati antara Unsar dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sorsel pada tahun 2022.
 

Setelah dua tahun, kolaborasi tersebut diwujudkan dalam bentuk perjanjian yang lebih konkret melalui IA. Perjanjian ini bertujuan untuk memperkuat pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

"Kolaborasi ini diharapkan dapat membawa manfaat nyata bagi pengembangan potensi sumber daya daerah Sorsel," ujar Sri.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Kabupaten Sorsel Edith Dony Tamaela menyatakan bahwa IA ini membuka peluang besar bagi kedua belah pihak untuk saling mendukung dan berbagi pengetahuan dalam berbagai bidang, terutama tentang keamanan pangan bidang agribisnis.

"Kami berharap dapat mengembangkan program-program yang dapat memajukan sektor agribisnis di Sorong Selatan, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat," kata Edith.

Ia mengatakan rancangan pelaksanaan kegiatan dalam IA ini mencakup berbagai inisiatif, seperti penelitian bersama, program pemberdayaan masyarakat, serta pelatihan dan pendampingan bagi petani lokal. Semua upaya ini bertujuan untuk mengoptimalkan potensi sumber daya alam dan manusia yang dimiliki oleh Kabupaten Sorsel.
 

"Penandatanganan perjanjian ini menandai babak baru dalam hubungan antara institusi pendidikan dan pemerintah daerah, yang diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan bagi pembangunan daerah," kata Edith.

Ia mengatakan dengan semangat kerja sama dan inovasi, Unsar dan Kesbangpol Sorsel siap mewujudkan visi bersama untuk masa depan yang lebih baik.

Pewarta: Paulus Pulo

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024