Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sorong Selatan (Sorsel), Papua Barat Daya berharap agar kandidat atau bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati memberikan pemahaman atau edukasi kepada pendukung atau simpatisan dalam perhelatan pemilihan kepala daerah (pilkada) di wilayah itu.

Bupati Sorsel, Samsudun Anggiluli, di Teminabuan, Jumat, menegaskan peran penting elit politik dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat sangat penting.

"Tahapan pilkada sedang berjalan, maka elit politik maupun tim pemenangan tidak mengadu domba masyarakat, namun memberikan pemahaman yang benar tentang demokrasi," tegas Samsudin.

Ia melanjutkan, tim pemenangan kandidat atau calon, hendaknya menyampaikan visi misi dan program kerja yang dapat diketahui oleh masyarakat luas.

"Semua yang mendaftar ini merupakan putra putri terbaik Sorsel, maka diharapkan agar tidak memecah bela persatuan dan persaudaraan yang telah dirawat dan dijaga selama ini," ungkap Samsudin.

Ia mengatakan, politik hanya sementara waktu, namun kekeluargaan dan persaudaraan akan tetap terjalin selamanya.

"Perbedaan politik itu hal yang biasa, namun jangan dengan adanya perbedaan tersebut, rasa kekeluargaan itu menjadi hilang bahkan menimbulkan rasa kebencian," kata Samsudin.

Samsudin mengatakan, pernah terjadi perbedaan pilihan antara suami istri yang menyebabkan hingga menyebabkan pasangan tersebut memilih untuk berpisah, hal tersebut hendaknya tidak terjadi lagi di pilkada kali ini.
 

Pewarta: Paulus Pulo

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024