Tokoh muda suku Kamoro, Mimika, Papua Tengah yang juga merupakan seorang akademisi, Leonardus Tumuka mengajak masyarakat setempat ikut menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

Leonardus Tumuka di Timika, Senin, mengatakan bahwa keamanan dan ketertiban masyarakat merupakan tanggung jawab sosial seluruh masyarakat di daerah ini.

"Keamanan dan ketertiban masyarakat menjadi kebutuhan seluruh masyarakat, untuk itu mari sama-sama kita memberi atensi untuk hal ini," katanya.

Menurut Leonardus, keamanan dan ketertiban dapat terwujud jika ada kesadaran dan peran serta masyarakat yang aktif menciptakan kondisi yang kondusif.

"Jangan kita memberi ruang bagi perpecahan di daerah kita ini, karena Mimika adalah rumah bersama bagi kita semua untuk itu harus dijaga dan dirawat dengan penuh kesadaran," ujarnya.

Dia menjelaskan selama ini dirinya melihat bahwa masyarakat Kabupaten Mimika sangat luar biasa dalam menjaga tali silaturahmi antar agama, suku dan budaya sehingga ini menjadi modal besar terciptanya keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat.

"Mimika sangat heterogen bukan hanya suku asli yang hidup disini, tetapi seluruh suku di Indonesia ada disini hidup berdampingan dengan sangat damai," katanya lagi.

Dia menambahkan menjelang pilkada November 2024 dirinya mengajak seluruh masyarakat Mimika untuk menjunjung tinggi nilai-nilai nasionalisme dan mengutamakan kepentingan bersama yakni merawat daerah ini untuk selalu aman, damai dan kondusif.

"Mari kedamaian dan keamanan yang telah ada ini terus kita rawat dengan baik, dengan saling menghargai dan menghormati perbedaan-perbedaan yang ada," ujarnya lagi.
 

Pewarta: Agustina Estevani Janggo

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024