Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manokwari, Papua Barat, menggelar sayembara mendesain maskot pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2024 untuk pemilihan bupati dan wakil bupati Manokwari.

Ketua KPU Manokwari Christine R Rumkabu di Manokwari, Sabtu, mengatakan sayembara desain maskot tersebut untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pilkada serentak di Kabupaten Manokwari.

"Sayembara maskot gratis diikuti khusus warga Manokwari yang dibuktikan dengan identitas diri. Sedangkan total hadiah berupa uang pembinaan sebesar Rp20 juta. Desain pemenang lomba akan kita gunakan sebagai maskot pilkada 2024 di Kabupaten Manokwari," katanya.

Ia menjelaskan pendaftaran dan penyerahan hasil karya sayembara maskot mulai 23-26 April 2024 dan pemenang diumumkan pada 29 April 2024.

Penilaian hasil karya akan dilakukan pada 27-28 April 2024 dengan melibatkan juri dari Dewan Kesenian Manokwari, akademisi sastra dan budaya dan anggota KPU Manokwari.

Ia mengatakan desain maskot juga harus bercirikan kearifan lokal Kabupaten Manokwari seperti satwa dan flora endemik ataupun kesenian yang ikonik dari Manokwari.

"Bentuk maskot harus dengan konsep sederhana, menarik, mudah diingat dan dapat diterapkan pada setiap bentuk media sosialisasi KPU Kabupaten Manokwari. Karya yang ditampilkan tampak depan, belakang dan samping kanan-kiri dalam perspektif 3D," ujarnya.

Ia mengatakan hasil karya pemenang sayembara maskot menjadi hak milik KPU Kabupaten Manokwari sepenuhnya dan akan dipakai dalam setiap kegiatan penyelenggaraan pilkada 2024

Untuk itu, kata dia, maskot harus dapat memberi motivasi warga untuk ikut menyukseskan pilkada untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Manokwari 2024.

"KPU Manokwari mengajak masyarakat Manokwari untuk berpartisipasi dalam sayembara ini karena desain maskot pemenang akan dipakai dalam setiap momen pilkada di Manokwari," ujarnya.
 

Pewarta: Ali Nur Ichsan

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024