Penutupan Safari Ramadhan 1445 Hijriah digelar Pemerintah Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat bertebaran hadiah bagi jamaah dan peserta kegiatan itu.

Setidaknya tujuh paket umrah, dua sepeda motor, satu sepeda, dan mesin cuci disiapkan Pemkab Manokwari dan perusahaan swasta untuk dibagikan kepada para peserta penutupan Safari Ramadhan di Masjid Ridwanul Bahri Fasharkan TNI AL di Manokwari, Senin.

"Pemkab Manokwari telah melaksanakan Safari Ramadhan selama 28 hari berturut-turut dari pertama Ramadhan hingga hari ini. Semoga Safari Ramadhan bisa menjadi berkah untuk kita semua," kata Bupati Manokwari Hermus Indou saat menutup Safari Ramadhan.

Ia mengatakan Safari Ramadhan diselenggarakan Pemkab Manokwari tidak memiliki muatan politis karena sudah dilaksanakan tiga tahun berturut-turut.

Ia menjelaskan tujuan utama Safari Ramadhan meningkatkan kualitas keimanan masyarakat Muslim di Kabupaten Manokwari sebagai daerah religi di Provinsi Papua Barat.

Selain itu, merawat sekaligus melestarikan kebinekaan Indonesia di Kabupaten Manokwari. Bangsa Indonesia dibangun atas integrasi dan kesepakatan anak bangsa dari berbagai latar belakang, seperti agama, suku, dan golongan.
Bupati Manokwari Hermus Indou saat memukul rebana didampingi pengurus dan Ketua MUI Manokwari pada penutupan Safari Ramadhan 1445 H di Manokwari, Senin (8/4/2024). (ANTARA/Ali Nur Ichsan)

"Indonesia tanpa Sumatra, tanpa Kalimantan, tanpa Jawa, tanpa Sulawesi tanpa Papua tidak bisa disebut Indonesia. Indonesia tanpa umat beragama juga tidak bisa disebut Indonesia. Sampai kapanpun Indonesia yang besar ini wajib hukumnya untuk dirawat," katanya.

Meski Kabupaten Manokwari sebagai "Kota Injil", kata dia, peran umat Muslim dalam pembangunan tidak dapat dipisahkan bagi kemajuan daerah tersebut.

"Karena itu keberagaman yang kompleks di Indonesia maupun di Manokwari menjadi ciri khas yang harus dirawat dan dijaga," katanya.

Takmir Masjid Ridwanul Bahri Fasharkan TNI AL Muh Taufik mengatakan pada penutupan Safari Ramadhan tersebut pihak masjid juga menyalurkan bantuan kepada 70 orang dari panti asuhan dan panti jompo.

"Mereka mendapatkan uang tunai Rp400 ribu dan paket sembako. Bantuan tersebut merupakan program rutin dari masjid. Setiap bulannya di masjid kita ini menyalurkan Rp10 juta pada yayasan amal di Manokwari," katanya.

Pewarta: Ali Nur Ichsan

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024