Bupati Manokwari Hermus Indou mengapresiasi Tim Penggerak PKK Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat yang telah berkolaborasi dan membantu pemerintah mengatasi sejumlah persoalan.

"Persoalan di daerah memang cukup kompleks. Kehadiran PKK yang berkomitmen dan konsisten melaksanakan 10 program pokoknya telah membantu menjawab persoalan di daerah," kata Hermus di Manokwari, Kamis.

Ia mengatakan, implementasi 10 program pokok PKK telah membantu sejumlah persoalan di Manokwari seperti mengatasi stunting, pendidikan, ekonomi, hingga kesehatan masyarakat.

Ia menjelaskan, dengan berfokus meningkatkan kesejahteraan keluarga, PKK mampu menunjukkan kolaborasi dengan pemerintah daerah sehingga mampu menggerakkan semua potensi untuk memajukan pembangunan di Manokwari.

"Permasalahan pembangunan di Manokwari sangat kompleks semua orang harus menjadi aktor dan subjek pembangunan. PKK telah berpartisipasi membangun daerah bersama pemerintah," katanya.

Ia mengatakan, Pemkab Manokwari mempunyai visi menjadikan Manokwari sebagai pusat peradaban di Tanah Papua dan ibu kota Provinsi Papua Barat.

Visi tersebut perlu didukung seluruh pemangku kepentingan melalui program-program nyata untuk kesejahteraan masyarakat.

"Untuk mengatasi stunting misalnya, PKK dan OPD teknis telah melakukan berbagai upaya bersama untuk menurunkan angka stunting. Begitu juga pembinaan ekonomi produktif keluarga, sehingga membuat masyarakat memiliki daya beli yang kuat," katanya.

Ketua TP PKK Manokwari Febelina Indou mengatakan, untuk optimalkan potensi masyarakat, PKK telah bersinergi dengan pemerintah untuk mempercepat pembangunan daerah.

Integrasi program atau kegiatan PKK ke dalam dokumen perencanaan dan anggaran daerah mampu mengoptimalkan gerakan PKK pada untuk mempercepat pembangunan.

"Dengan sinergisitas antara PKK dan pemerintah diharapkan program-program PKK yang dijalankan dapat memberikan manfaat berkelanjutan bagi masyarakat dan mendukung pembangunan secara keseluruhan," katanya.

Ia mengatakan, pemberdayaan keluarga merupakan langkah strategis yang ditempuh kader PKK dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga secara menyeluruh.

Menurutnya, keluarga merupakan unit terkecil masyarakat yang mempunyai peran besar dalam proses pembangunan. Kesejahteraan keluarga juga dapat dijadikan tolak ukur kesejahteraan masyarakat pada umumnya.

Pewarta: Ali Nur Ichsan

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024