Para pejabat Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia atau Kanwil Kemenkumham Provinsi Papua Barat berziarah ke Taman Makam Pahlawan Manokwari pada Rabu, menjelang peringatan Hari Bakti Imigrasi.

Kepala Kanwil Kemenkumham Papua Barat Taufiqurrakhman berziarah ke makam pahlawan di Manokwari bersama Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Manokwari Iman Teguh Adianto dan jajaran pejabat di lingkungan Kanwil Kemenkumham Papua Barat. 

"Tadi saya memang lebih perhatian pada makam pahlawan tak dikenal, karena mungkin mereka lebih tulus dan ikhlas dalam perjuangannya," kata Taufiqurrakhman.

Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Papua Barat Victor Manurung mengatakan, kegiatan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Manokwari merupakan bagian dari rangkaian acara peringatan Hari Bakti Imigrasi (HBI) 2024.

Menurut dia, Kanwil Kemenkumham Papua Barat telah melaksanakan aksi sosial di panti asuhan, menyelenggarakan pelayanan donor darah, dan menggelar lomba-lomba olahraga guna memperingati HBI.

"Pada puncak HBI ke-74 akan dilaksanakan upacara di halaman Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Manokwari pada Jumat, 26 Januari 2024," katanya.

Ia menambahkan, peringatan HBI 2024 mengangkat tema "Transformasi Peran Keimigrasian Melalui Strategi Digitalisasi".

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Manokwari Iman Teguh Adianto menjelaskan bahwa digitalisasi telah dilaksanakan dalam penyelenggaraan pelayanan paspor.

"Kita coba terus untuk memberikan pelayanan dalam bentuk digitalisasi. Kita juga ada pengambilan paspor dengan drive-through (lantatur)," katanya. 

Menurut dia, digitalisasi juga diterapkan dalam penyelenggaraan layanan pengaduan masyarakat terkait urusan keimigrasian.
 

Pewarta: Ali Nur Ichsan

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024