Bupati Manokwari, Provinsi Papua Barat Hermus Indou mengajak organisasi kemasyarakatan atau paguyuban kerukunan masyarakat membantu pemerintah untuk menjaga stabilitas daerah.

"Keberadaan ormas atau kerukunan di pandang pemerintah daerah sebagai aset dan potensi yang perlu diberdayakan agar menjadi kekuatan yang besar dalam akselerasi pembangunan," kata Hermus di Manokwari, Sabtu. 

Ia mengatakan, organisasi kemasyarakatan yang terbentuk di suatu daerah, memiliki peran penting dalam menunjang pembangunan daerah khususnya di Kabupaten Manokwari. 

Untuk itu, ia menjelaskan, Pemkab Manokwari akan memperkuat sinergi dengan ormas maupun paguyuban kerukunan sehingga aktivitas-aktivitas ormas bisa mendukung peningkatan pembangunan di Kabupaten Manokwari. 

"Pemerintah daerah berharap ormas atau kerukunan dapat berkontribusi positif dalam mengatasi berbagai permasalahan sosial pembangunan di daerah ini," ujarnya.

Hermus menambahkan, terbentuknya ormas atau paguyuban kerukunan masyarakat menunjukkan Kabupaten Manokwari memiliki keberagaman yang mewakili kemajemukan masyarakat Indonesia. 

"Harapan kami di waktu yang akan datang semakin rukun dan juga kompak dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat," jelasnya.

Ia mengatakan, Pemkab Manokwari mempunyai agenda untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Dengan begitu nilai strategis dari partisipasi masyarakat di harapkan akan memunculkan gagasan pembangunan. 

"Tentu diharapkan memunculkan pemikiran-pemikiran, ide-ide serta gagasan-gagasan yang inovatif, kreatif serta berwawasan ke depan bagi kemajuan pembangunan dan hubungan yang lebih erat antara pemerintah dan masyarakat," katanya.

Pewarta: Ali Nur Ichsan

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023