Bupati Manokwari, Papua Barat Hermus Indou berhasil meraih penghargaan untuk kategori pejuang demokrasi dari ajang bergengsi Nawacita Awards 2023.

Menteri Hukum dan HAM Indonesia sekaligus Ketua Dewan Pembinan Media Nawacita Indonesia Yasonna H. Laoly menyerahkan langsung penghargaan tersebut pada Hermus Indou di Jakarta Selatan, Jumat (8/9).

“Saya merasakan inilah kebhinekaan Indonesia sesungguhnya yang dibangun dalam forum ini. Ini menunjukkan orang Papua bisa mendapatkan tempat, penghormatan dan penghargaan di negara ini,” kata Hermus melalui keterangan tertulis yang diterima di Manokwari, Sabtu.

Ia mengatakan penghargaan tersebut menunjukkan bahwa orang Papua juga dihargai.

Sebagai orang Papua sekaligus pemimpin daerah setempat, dia menyatakan akan terus berjuang di Tanah Papua dan membuktikan Papua sebagai bagian tidak terpisahkan dari NKRI.

“Kami merasa bersyukur merasa bangga menerima penghargaan ini. Ini menunjukkan demokrasi tidak hanya berbicara tentang mayoritas, tapi bagaimana eksistensi dan keberlangsungan kami orang Papua sebagai minoritas bisa dilindungi negara,” kata dia.

Menteri Hukum dan HAM Indonesia Yasonna H. Laoly mengatakan Nawacita Awards merupakan bentuk aspirasi atas keberhasilan tokoh-tokoh nasional dan tokoh-tokoh lokal yang mempunyai kontribusi besar untuk memajukan daerah, bangsa, dan negara. Nawacita Awards sebagai bentuk dukungan terhadap pelaksanaan Program Nawacita dari Presiden Joko Widodo.

Sebanyak sembilan tokoh yang mendapat penghargaan Nawacita Awards 2023, yaitu mantan Kepala BIN Jenderal TNI (Purn) A.M. Hendropriyono (Kategori Pertahanan dan Keamanan), mantan Wamen Agama Nasaruddin Umar (Kategori Penguatan Kebhinekaan Indonesia), dan Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko (Kategori Pendidikan Karakter Bangsa).

Selain itu, Jaksa Agung S.T. Burhanuddin (Kategori Penegakan Hukum), Bupati Manokwari Hermus Idou (Kategori Pejuang Demokrasi), Dirut Pertamina Nicke Widyawati (Kategori Kemandirian Ekonomi Nasional), Pendiri Lion Air Rusdi Kirana (Kategori Infrastruktur, Industri dan Transportasi), dr. Lie Agustinus Dharmawan (Kategori Kesejahteraan Rakyat), Wali Kota Surabaya Ery Cahyadi (Kategori Pembangunan Daerah), dan aktris Cinta Laura (Kategori Khusus Inspirator Milenial).
 

Pewarta: Ali Nur Ichsan

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023