Diversifikasi pangan bergizi pada masyarakat menjadi perhatian serius Pemkab Manokwari, Papua Barat untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang sehat dan berkualitas.

Bupati Manokwari Hermus Indou di Manokwari, Selasa, mengatakan pemerintah daerah wajib mewujudkan diversifikasi pangan sesuai amanat UU Nomor 18 tahun 2012 tentang Pangan.

“Karenanya hari ini dengan berkolaborasi dengan tim penggerak PKK kita mengadakan lomba cipta menu beragam bergizi seimbang dan aman (B2SA) sebagai salah satu strategi ciptakan diversifikasi pangan,” kata Hermus.

Ia mengatakan, akhir-akhir ini telah terjadi pergeseran pola makan masyarakat. Dimana masyarakat lebih menyukai makanan instan atau cepat saji. Padahal pemenuhan gizi pada makanan tersebut tidak jelas.

“Sedangkan makanan tradisional kita justru jauh lebih bergizi. Ini yang ingin kita angkat derajatnya sehingga kita mampu untuk memperbaiki pola konsumsi di setiap rumah tangga. Kita ingin mengembalikan rasa cinta kita kepada menu-menu makanan daerah atau lokal,” ujarnya.

Hermus menjelaskan, makanan bergizi mempunyai peran penting untuk menciptakan generasi muda yang sehat di Manokwari. Makanan bergizi tidak harus mahal tapi mampu memperbaiki kesehatan anak-anak dan menyiapkan masa depan mereka sebagai SDM yang berkualitas.

“Pemkab Manokwari sangat berterima kasih dan juga sangat mengapresiasi tim penggerak PKK Kabupaten Manokwari dan tim Distrik Manokwari Barat yang berkolaborasi untuk menyelenggarakan kegiatan lomba pada hari ini,” ujarnya.

Ketua PKK Papua Barat, Roma M.P. Waterpauw mengatakan, kampanye program diversifikasi pangan dan pangan lokal, konsumsi pangan B2SA serta gemar makan ikan dan sumber protein lainnya menjadi program kerja prioritas dari keputusan Rakernas PKK ke-9 tahun 2021 yang harus dilakukan oleh tim penggerak PKK di semua jenjang kepengurusan.

“Tentunya tidak hanya melakukan sosialisasi atau penyuluhan tapi dibutuhkan tindakan nyata seperti lomba ini untuk meningkatkan kreativitas pengelolaan pangan lokal berbasis B2SA,” jelasnya.

Ketua PKK Manokwari Febelina Indou sebagai ketua panitia mengatakan, lomba cipta menu B2SA diselenggarakan untuk memeriahkan HUT RI di Distrik Manokwari Barat dengan jumlah peserta 11 kelompok Dhasawisma.
 

Pewarta: Ali Nur Ichsan

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023